Dewantari, Aditya (2013) Pengembangan bahan ajar berbasis Ebook pada mata pelajaran ekonomi kelas Vlll SMP Negeri 1 Singosari / Aditya Dewantari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci bahan ajar ekonomi ebook Dalam dunia pendidikan peran guru dalam kegiatan pembelajaran di sekolah relatif tinggi. Peran guru tersebut terkait dengan peran siswa dalam belajar. Apabila siswa menganggap bahan ajar yang disediakan terlalu sukar atau tidak cocok dengan karakteristik siswa maka tugas guru adalah membuat bahan ajar tersebut menjadi mudah untuk dipahami oleh siswa dan menyesuaikan agar bahan ajar tersebut sesuai dengan karakteristik siswa. Menurut Centre for Competency Based Training (dalam Prastowo 2012 16) bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru atau instruktur dalam melaksanakan proses pembelajaran dikelas. Dalam hal ini guru dituntut untuk lebih kreatif dalam mengembangkan bahan ajar yang beragam dan menarik yang dapat membantu siswa untuk memahami materi yang disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk (a) Mengemas materi pembelajaran pada pokok bahasan Pasar menjadi lebih menarik agar siswa juga tertarik untuk mempelajarinya (b) Mengembangkan bahan ajar yang bisa digunakan oleh guru sebagai alternatif bahan pembelajaran ekonomi di kelas (c) Inovasi dalam pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa (d) Mengetahui efektifitas bahan ajar yang dikembangkan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar berbasis ebook. Model yang digunakan dalam pengembangan bahan ajar ini adalah model prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Setelah mengikuti prosedural yang ada untuk mengembangkan sebuah bahan ajar berupa BSE menjadi sebuah bahan ajar berbasis ebook kemudian hasil produk akan diuji validitasnya oleh dua orang ahli materi dan dua orang ahli media untuk mengetahui kelayakan dari bahan ajar yang telah dikembangkan tersebut. Kemudian produk juga akan diuji cobakan kepada siswa kelas VIII D di SMP Negeri 1 Singosari untuk mengetahui keefektifannya. Hasil penelitian ini adalah (1) dari hasil validasi oleh para ahli materi dan para ahli media baik isi maupun tampilan bahan ajar ini sudah layak. Namun untuk lebih menyempurnakannya lagi penyusun masih perlu melakukan perbaikan-perbaikan di beberapa bagian dari bahan ajar ini (2) hasil dari uji oba didapatkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima artinya terdapat perbedaan nilai ulangan harian ekonomi siswa kelas VIII D setelah pembelajaran menggunakan bahan ajar BSE dan sesudah pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis ebook. Untuk rata-rata (mean) pada ulangan harian ekonomi siswa kelas VIII D setelah pembelajaran menggunakan bahan ajar BSE adalah 87 10 dan rata-rata ulangan harian siswa kelas VIII D setelah pembelajaran meggunakan bahan ajar berbasis ebook adalah 89 41. Artinya bahwa rata-rata ulangan harian ekonomi siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Singosari setelah pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis ebook lebih tinggi dari nilai rata-rata ulangan harian ekonomi setelah pembelajaran menggunakan BSE. Perbedan rata-rata ilai ulangan harian ekonomi siswa kelas VIII D setelah pembelajaran menggunakan BSE dan setelah pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis ebook (mean differece) sebesar 2 31 (hasil selisih dari 89 41 87 10) dan perbedaan berkisar 5 281 sampai 0 660 jika dilihat dari lower dan upper. Namun jika di analisis satu per satu satu dan mengacu pada Kriteria Ketuntsan Minimal (KKM) pada ulangan harian ekonomi setelah pembelajaran menggunakan bahan ajar BSE terdapat dua siswa yang belum mencapai KKM sementara pada ulangan harian ekonomi setelah pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis ebook nilai semua siswa kelas VIII D sudah mencapai KKM. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa bahan ajar berbasis ebook ini cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Singosari. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa produk hasil pengembangan bahan ajar berbasis ebook ini sudah layak untuk diterapkan dalam pembelajaran dari segi isi maupun tampilannya didukung oleh data validasi dari dua orang subyek ahli materi dan dua orang subyek ahli media dan bahan ajar berbasis ebook ini efektif meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas VIII D SMP Negeri 1 Singosari didukung oleh data hasil ulangan harian ekonomi siswa kelas VIII D setelah pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis ebook lebih tinggi dari pada hasil nilai ulangan harian ekonomi siswa kelas VIII D setelah pembelajaran menggunakan bahan ajar BSE.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Feb 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39158 |
Actions (login required)
View Item |