Persepsi dan pemahaman guru mengenai pelaksanaan kurikulum berbasis pendidikan karakter dan aplikasinya pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Batu / Dinesh Basti Farani - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi dan pemahaman guru mengenai pelaksanaan kurikulum berbasis pendidikan karakter dan aplikasinya pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Batu / Dinesh Basti Farani

Farani, Dinesh Basti (2013) Persepsi dan pemahaman guru mengenai pelaksanaan kurikulum berbasis pendidikan karakter dan aplikasinya pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Batu / Dinesh Basti Farani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Persepsi dan Pemahaman Guru Kurikulum Pendidikan Karakter Mata Pelajaran Ekonomi Pendidikan di Indonesia dewasa ini bisa dikatakan masih tertinggal dibanding pendidikan di negara lain. Untuk mengantisipasi hal tersebut salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah materi atau yang biasa disebut kurikulum. Saat ini pendidikan karakter sedang menjadi isu utama dalam dunia pendidikan di Indonesia harapannya melalui pendidikan karakter tersebut mampu menjadi landasan utama dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik dalam berbagai bidang dalam bernegara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi dan pemahaman guru mengenai pelaksanaan kurikulum berbasis pendidikan karakter serta aplikasinya pada mata pelajaran ekonomi di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini dilakukan dalam situasi yang alami sehingga tidak ada batasan dalam memahami fenomena yang sedang dikaji. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Batu yang merupakan satu-satunya sekolah yang berstatus RSBI di kota Batu. Informan dalam penelitian ini adalah semua guru mata pelajaran ekonomi kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah kelas X XI-IPS dan XII-IPS. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data display data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan persepsi dan pemahaman guru mengenai pelaksanaan kurikulum berbasis pendidikan karakter baik pada mata pelajaran ekonomi baik. Sehingga persepsi dan pemahaman guru yang baik tersebut secara langsung akan mempengaruhi terhadap aplikasinya sendiri. Aplikasi pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Batu tidak hanya dilakukan dalam kegiatan pemebelajaran di dalam kelas namun juga diintegrasikan dengan mata pelajaran yang lain dan juga budaya sekolah. Saran dalam penelitian ini adalah Bagi Guru Ekonomi hendaknya mampu untuk memasukkan nilai karakter dengan baik dalam RPP dan silabus serta menyusun skenario pembelajaran sehingga nilai karakter yang diharapkan dapat tercapai. (2) Bagi pihak sekolah terutama bidang kurikulum hendaknya lebih mengawasi sendiri dan juga mengembangkan alat untuk melakukan penilaian terhadap pelaksanaan pendidikan karakter. (3) Bagi pihak Universitas yang berorientasi di bidang pendidikan hendaknya berperan dalam meningkatkan kompetensi guru maupun mencetak calon guru yang berkualitas sehingga mampu untuk mengaplikasikan pendidikan karakter dengan baik. (4). Bagi penelitian selanjutnya hendaknya tidak hanya meneliti tentang persepsi pemahaman guru serta aplikasinya pada mata pelajaran ekonomi namun pada evaluasi atau analisis permasalahan yang terdapat dalam pelaksanaan kurikulum berbasis pendidikan karakter sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih luas khususnya dalam hal kurikulum di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39148

Actions (login required)

View Item View Item