Pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua dan konsep diri siswa terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang / Erta Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua dan konsep diri siswa terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang / Erta Pratiwi

Pratiwi, Erta (2012) Pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua dan konsep diri siswa terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang / Erta Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci latar belakang sosial ekonomi orang tua konsep diri siswa perilaku konsumtif Pemahaman tentang konsep diri sangat penting dimiliki oleh para remaja hal ini berkaitan dengan semakin majunya teknologi sehingga para produsen barang dan jasa semakin mudah saja menarik perhatian para konsumen dengan melakukan promosi yang sedemikian menarik sehingga mampu mempengaruhi pola pikir para konsumen. Dengan memiliki konsep diri yang tinggi para konsumen terutama kaum remaja yang notabene masih dalam proses pencarian jati diri akan lebih memahami tentang diri sehingga mereka benar-benar mengetahui barang apa yang mereka butuhkan dan tidak mudah terpengaruh dan selalu bersikap rasional dalam melakukan tindakan konsumsi dan tidak berperilaku konsumtif. Selain itu latar belakang sosial ekonomi orang tua juga turut andil dalam mempengaruhi perilaku konsumtif siswa hal ini berkaitan dengan pemberian uang saku yang diberikan oleh orang tua. Siswa yang berasal dari kalangan sosial ekonomi tinggi biasanya akan mendapatkan uang saku melebihi dari yang mereka perlukan. Hal ini akan membuat mereka merasa leluasa untuk membeli apa yang mereka inginkan. Sehingga dapat memancing mereka untuk melakukan tindakan konsumsi yang berlebihan dan tidak rasional. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua dan konsep diri siswa terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang baik pengaruh secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian yang berupa data ordinal diperoleh dari hasil penelitian yang dilakukan dengan cara membagikan instrument penelitian berupa angket kepada siswa kelas X SMA Negeri 8 Malang. Pembagian angket dalam penelitian ini dilakukan secara acak dan langsung diberikan kepada siswa tanpa melihat daftar nama nomor urut atau daftar nilai siswa. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengembangan instrumen uji coba instrumen pengumpulan data dan selanjutnya evaluasi data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh hasil penelitian sebagai berikut Pertama dengan melakukan uji t diketahui bahwa latar belakang sosial ekonomi orang tua memiliki hubungan positif searah dan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif yaitu dengan thitung sebesar 9 538. Kedua konsep diri siswa memiliki hubungan positif searah dan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif siswa yaitu ditunjukkan dengan thitung sebesar 2 073. Ketiga dari uji ANOVA atau F test didapat nilai Fhitung sebesar 46 775 dengan probabilitas 0 000. Karena probabilitas jauh lebih kecil dari 0 05 maka dapat dikatakan bahwa latar ii belakang sosial ekonomi orang tua (X1) dan konsep diri siswa (X2) secara bersama-sama dapat berpengaruh terhadap perilaku konsumtif siswa (Y) sebesar 35 9%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar model. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Mayoritas latar belakang sosial ekonomi orang tua siswa SMA Negeri 8 Malang dapat dikategorikanj tinggi (2) konsep diri siswa SMA Negeri 8 Malang termasuk dalam kategori tinggi (3) sebagian besar siswa SMA Negeri 8 Malang memiliki perilaku konsumtif rendah (4) terdapat pengaruh secara parsial antara latar belakang sosial ekonomi orang tua dan perilaku konsumtif siswa (5) terdapat pengaruh secara parsial antara konsep diri siswa dengan perilaku konsumtif siswa (6) terdapat pengaruh secara simultan antara latar belakang sosial ekonomi orang tua dan konsep diri siswa terhadap perilaku konsumtif siswa. Saran yang mampu peneliti sampaikan pertama sekolah dapat menciptakan program yang mampu mendidik siswa agar selalu bersikap rasional dalam kegiatan ekonomi terutama dalam berkonsumsi seperti pelatihan dalam pemanfaatan uang saku yang sesuai dengan kebutuhan dan mensosialisasikan manfaat menabung. Disamping itu hasil penelitian ini dapat dijadikan wacana bagi sekolah untuk dikomunikasikan dengan pihak orang tua agar orang tua mampu mengontrol dalam hal pemberian uang saku dan pemanfaatannya yang sesuai dengan kebutuhan dan usia siswa. Guru tetap memberikan arahan atau masukan kepada siswa untuk melakukan kegiatan ekonomi secara rasional dan memanfaatkan uang saku dengan sebaik mungkin dalam kehidupan sehari hari. Peneliti selanjutnya dengan adanya hasil penelitian ini diharapkan bisa menyempurnakan atau menjadi pertimbangan dikarenakan hasil dari penelitian ini masih banyak kekurangannya. Maka penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya dengan tema yang sama agar mengambil sampel yang berbeda agar lebih bervariatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Nov 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39144

Actions (login required)

View Item View Item