Mustofa, Rohman Hadi (2012) Penerapan metode pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu ekonomi di kelas VII-B SMP Negeri 18 Malang / Rohman Hadi Mustofa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Metode Mind Mapping Aktivitas Belajar hasil Belajar. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 18 Malang selama PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran mata pelajaran ekonomi di kelas masih menggunakan metode ceramah yang konvensional. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga menimbulkan masalah minat dan motivasi belajar yang rendah. Hal ini ditunjukkan dengan masih rendahnya rata-rata ketuntasan belajar siswa. Peneliti dalam penelitian ini menerapkan strategi dengan menerapkan metode mind mapping atau peta konsep dalam menyampaikan materi kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 18 Malang melalui penerapan pembelajaran peta konsep. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Data penelitian aktivitas belajar siswa di kelas yang diperoleh melalui observasi dan hasil belajar siswa diperoleh melalui post test pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 64 87% dengan kategori Baik dan pada siklus II rata-ratanya meningkat menjadi sebesar 80 2% dengan kategori Sangat Baik . Sedangkan pada hasil belajar juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I presentase kelulusan kelas sebesar 67 5% menjadi sebesar 87 3% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan metode peta konsep (mind mapping) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu ekonomi di kelas VII-B SMP Negeri 18 Malang. Saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu agar pembelajaran dengan metode peta konsep (mind mapping) dapat dijadikan salah satu alternatif pilihan bagi guru bidang studi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa secara kognitif juga diharapkan adanya penelitian lebih lanjut untuk menerapkan pada materi yang lain dan dengan sampel yang lebih luas sehingga hasil penelitian bisa berlaku secara luas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39131 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |