Elita, Femelia (2012) Pengaruh partisipasi siswa dalam berkoperasi sekolah terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Nganjuk / Femelia Elita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci koperasi sekolah hasil belajar Sistem pendidikan nasional menyebutkan bahwa koperasi sekolah merupakan salah satu alat untuk membina watak dan sikap berkoperasi di kalangan siswa. Wujud pendidikan koperasi di sekolah tidak hanya sekedar dalam bentuk pelajaran teoritis tetapi sampai pada wujud praktis yaitu diwujudkan dalam bentuk adanya koperasi sekolah. Koperasi sekolah dapat dijadikan wadah untuk melengkapi kegiatan proses belajar mengajar kegiatan usaha yang dilaksanakan oleh koperasi sekolah akan memberikan kesempatan yang seluasluasnya kepada siswa untuk melaksanakan kegiatan usaha koperasi. Oleh karena itu pembinaan sikap kewirausahaan pada para pemuda dan pelajar yang dituangkan dalam pengembangan koperasi. Eksistensi koperasi sekolah adalah sebagai wujud dari upaya untuk menanamkan jiwa dan semangat koperasi yang dilakukan melalui jalur pendidikan formal. Partisipasi siswa dalam berkoperasi sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah. (1) untuk mengetahui bagaimana partisipasi siswa dalam berkoperasi sekolah di SMA Negeri 2 Nganjuk. (2) untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Nganjuk. (3) untuk mengetahui bagaimana pengaruh partisipasi siswa dalam berkoperasi sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Nganjuk. Metode yang digunakan peneliti adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan exspos facto. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa yang aktif menyelenggarakan RAT dengan jumlah 56 siswa. Karena populasi kurang dari 100 maka pengambilan sampel penelitian ini dari jumlah populasi ditetapkan sebagai subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan telah diperhitungan melalui SPSS For Windows bahwa adakan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara partisipasi siswa dalam berkoperasi sekolah terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi. Hal ini ditunjukan oleh hasil pengujian hipotesis dengan mengunakan regresi yaitu nilai thitung 14 133 ttabel 2 004 dan signifikansi (0 000) 0 05 jadi Ho ditolak dan HI diterima. Saran-saran yang diberikan dari penelitian ini adalah bagi kelapa sekolah SMA Negeri 2 Nganjuk untuk memberikan dukungan bagi perkembangan koperasi sekolah dengan memberikan laboratrium untuk koperasi sekolah dan bagi pengurus koperasi sekolah diharapkan lebih memperhatikan pada iuran simpanan pokok dan simpanan wajib agar usaha koperasi lebih berkembang lagi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Sep 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39119 |
Actions (login required)
View Item |