Eksplorasi kemampuan pemecahan masalah dan literasi ilmiah siswa SMA menggunakan model problem-based learning (PBL) dengan sumber belajar google classroom pada materi hukum newton / Nur Iva Wulansari</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Eksplorasi kemampuan pemecahan masalah dan literasi ilmiah siswa SMA menggunakan model problem-based learning (PBL) dengan sumber belajar google classroom pada materi hukum newton / Nur Iva Wulansari</p>

Wulansari, Nur Iva (2025) Eksplorasi kemampuan pemecahan masalah dan literasi ilmiah siswa SMA menggunakan model problem-based learning (PBL) dengan sumber belajar google classroom pada materi hukum newton / Nur Iva Wulansari</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah memiliki peran krusial yang harus dimiliki siswa dalam belajar Hukum Newton. Ditemukan bahwa siswa dengan kemampuan penerapan teori Hukum Newton dalam memecahkan masalah sehari-hari masih tergolong kurang memuaskan sehingga diperlukan inovasi pembelajaran yang mendukung dan melatih kemampuan pemecahan masalah. Selain kemampuan pemecahan masalah literasi ilmiah juga memiliki peran yang penting dalam belajar Hukum Newton. Literasi ilmiah berfokus pada menyelesaikan masalah sesuai dengan fakta ilmiah yang dimiliki seseorang dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk mengidentifikasikan masalah dan menyelesaikannya. Kurangnya tingkat kemampuan pemecahan masalah dan literasi ilmiah siswa dapat diselesaikan dengan adanya inovasi pembelajaran yang lebih menarik dan aplikatif salah satunya menggunakan media Google Classroom. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa dan literasi ilmiah siswa dalam menyelesaikan masalah Hukum Newton melalui pembelajaran model Problem Based Learning dengan sumber belajar Google Classroom. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method embedded design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN Jatirogo dengan alokasi waktu 3x90 menit. Instrumen perlakuan yang digunakan adalah silabus dan RPP sedangkan instrumen pengukuran yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah tes literasi ilmiah lembar observasi dan panduan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif berupa uji normalitas uji T berpasangan uji N Gain dan uji Effect size sedangkan analisis data kualitatif berupa reduksi data pengkodingan data penyajian data dan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Google Classroom mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan literasi ilmiah siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest kemampuan pemecahan masalah yaitu 29 94 lebih baik dari pretest yaitu 24 44. Nilai rata-rata posttest literasi ilmiah yaitu 10 36 lebih baik dari pretest yaitu 7 44. Pembelajaran berbasis masalah berbantuan Google Classroom memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan literasi ilmiah siswa terbukti dari hasil uji Effect size sebesar 1 62 dan 1 22 termasuk pada kategori kuat temuan ini sangat mendukung bagi para pendidik untuk memberikan pembelajaran berbasis masalah dengan perangkat pendukung lainnya sehingga peneliti berharap PBL dengan moodle lainnya dapat dieksplorasi lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Aug 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/391184

Actions (login required)

View Item View Item