Putri, Zulfa Hasanatul Dinasta (2012) Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD ( Student Teams Achievement Divisions) yang dikolaborasikan dengan tebak kata untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X. 6 SMA 2 Negeri Blitar / Zulfa Hasanatul Dinasta Putr. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Metode Pembelajaran Kooperatif STAD Tebak Kata Berfikir Kritis Prestasi Belajar. Sesuai dengan wawancara dan observasi yang dilakukan oleh peneliti terlihat bahwa kemampuan berfikir kritis dan prestasi belajar siswa masih rendah. Selain itu terdapat beberapa siswa yang asik mengobrol sendiri dengan teman sebangku bermain hand phone bahkan mengantuk di dalam kelas. Salah satu penyebab siswa kuranng aktif dan cenderung bosan di dalam kelas adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh guru masih didominasi oleh ceramah dan diskusi kelompok sederhana. Berdasarkan uraian diatas perlu dilakukan perbaikan dalam kegiatan belajar mengajar yang terjadi di kelas Untuk itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) yang Dikolaborasikan dengan Tebak Kata. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran Kooperatif tipe STAD (yang dikolaborasikan dengan Tebak Kata . 2) Apakah penerapan metode pembelajaran Kooperatif tipe STAD yang dikolaborasikan dengan Tebak Kata dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis . 3) Apakah penerapan metode pembelajaran Kooperatif tipe STAD yang dikolaborasikan dengan Tebak Kata dapat meningkatkan prestasi 4) Bagaimanakah respon siswa kelas X.6 terhadap penerapan metode pembelajaran Kooperatif tipe STAD yang dikolaborasikan dengan Tebak Kata pada mata pelajaran ekonomi Jenis penelitian yang digunakan adalah Penellitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.6 di SMA Negeri 2 Blitar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian nini menggunakan metode observasi wawancara angket dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran koopertif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) yang Dikolaborasikan Dengan Tebak Kata pada siklus I sebesar 79% dan pada siklus II menjadi 96%. Sehingga keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 17%. Kemampuan berfikir kritis siswa meningkat sebesar 20 76% pada siklus I sebsar 54 39% dan pada siklus II meningkat menjadi 75 15%. Prestasi belajar yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalamai peningkatan sebesar18 18%. Peningkatan tersebut terjadi karena pada siklus I siswa yang tuntas belajar sebanyak 23 siswa atau 69 70% sedangkan siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 10 siswa atau 30 30% dengan nilai rata-rata kelas mencapai 71 94. Sedangkan pada siklus II 29 orang siswa atau 87 88% siswa telah mengalami ketuntasan belaljar sedangkan siswa yang belum tuntas belajar hanya 4 orang siswa atau 12 12% dengan nilai rata-rata kelas mencapai 81 33. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat diambil empat kesimpulan 1) Pelaksanaan Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD yang Dikolaborasikan dengan Tebak Kata pada kelas X.6 SMA Negeri 2 blitar berjalan baik dan dapat dikatakan telah tercapai. 2) Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD yang Dikolaborasikan dengan Tebak Kata dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa. 3) Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD yang Dikolaborasikan dengan Tebak Kata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. 4) Respon siswa kelas X.6 SMA Negeri 2 Blitar terhadap Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD yang Dikolaborasikan dengan Tebak tersebut adalah positif. Saran yang dapat disampaikan oleh peneliti antara lain 1) Bagi sekolah hendaknya Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD yang Dikolaborasikan dengan Tebak Kata dapat menjadi bahan referensi sekolah dan diharapkan dapat memberikan sumbangan dalam rangka perbaikan cara pembelajaran ekonomi dan peningkatan mutu pendidikan khususnya dalam proses belajar mengajar di SMA Negeri 2 Blitar. 2) Bagi guru mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Blitar disarankan untuk mencoba menerapkan Metode Pembelajaran ini sebagai alternatif metode-metode pembelajaran yang digunakan 3) Penelitian ini hendaknya dapat diteruskan oleh peneliti selanjutnya dengan kelas sekolah dan materi yang berbeda. Untuk kesempurnaan Perpaduan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD yang Dikolaborasikan dengan Tebak maka harus disediakan alokasi waktu yang cukup agar tidak mengurangi tahap-tahap yang harus dilakukan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Sep 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39118 |
Actions (login required)
View Item |