Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan konsentrasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas x di SMAN 2 Lumajang / Dyah Kartiko Muktiningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan konsentrasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas x di SMAN 2 Lumajang / Dyah Kartiko Muktiningsih

Muktiningsih, Dyah Kartiko (2012) Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dan konsentrasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas x di SMAN 2 Lumajang / Dyah Kartiko Muktiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pemanfaatan Teknologi Informasi Konsentrasi Belajar Siswa Prestasi Belajar Siswa Hakikatnya pembelajaran merupakan proses komunikasi antara guru dan siswa. Adanya teknologi informasi saat ini dapat mempermudah komunikasi keduanya apabila komunikasi antara guru dan siswa dapat berjalan dengan lancar maka pembelajaran juga dapat berjalan dengan optimal sehingga meningkatkan prestasi belajar siswa. Tidak hanya faktor teknologi informasi terdapat pula faktor dari dalam siswa yaitu konsentrasi belajar. Setiap siswa memiliki konsentrasi belajar yang berbeda-beda dengan adanya moving class di SMA Negeri 2 Lumajang. Selain itu signal wifi yang terjangkau di seluruh kelas membuat siswa dapat mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan untuk pembelajaran melalui pemanfaatan teknologi informasi. Pemanfaatan teknologi informasi dan konsentrasi belajar tersebut dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pemanfaatan teknologi informasi dan konsentrasi belajar dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Lumajang pada bulan April 2012 dengan subjek penelitian siswa kelas X sejumlah 258 siswa dan diambil sampel sebanyak 157 siswa dengan teknik proposional random sampling. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksplanasi dan instrumen yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan statistik inferesial yaitu analisis regresi berganda. Berdasarkan deskripsi data setelah dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas terlebih dahulu untuk instrumen angket diketahui bahwa pemanfaatan teknologi informasi memiliki klasifikasi cukup baik. Variabel konsentrasi belajar pada mata pelajaran ekonomi cukup baik. Sedangkan prestasi belajar siswa yang dikategorikan menjadi 4 kategori termasuk kategori baik. Artinya bahwa pemanfaatan teknologi informasi konsentrasi belajar siswa cukup baik dengan diimbangi oleh prestasi belajar siswa kelas X di SMA Negeri 2 Lumajang tergolong baik. Berdasarkan analisis regresi berganda yang telah lulus uji asumsi klasik (data berdistribusi normal bebas dari heteroskedastisitas dan multikolinearitas) diketahui bahwa pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0 309 dengan bukti perolehan nilai t sebesar 2 719 dan sig. t sebesar 0 000 lebih kecil dari 945 (0 05). Sedangkan untuk variabel konsentrasi belajar berpangaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa nilai t sebesar 4 156 dengan sig. t 0 007 lebih kecil dari 945 ii (0 05). Selain itu diketahui secara bersama-sama bahwa pemanfaatan teknologi informasi dan konsentrasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa terbukti dari analisis uji F sebesar 19 129 dan sig. F 0 000. Dari analisis di atas dapat disimpulakan bahwa pemanfaatan teknologi informasi dan konsentrasi belajar berpengaruh secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMA Negeri 2 Lumajang. Adapun saran diajukan dari hasil penelitian adalah (1) bagi sekolah diharapkan pemanfaatan teknologi informasi dapat ditingkatkan dalam pembelajaran dengan menambah kecepatan akses internet komputer-komputer sebagai fasilitas siswa dalam memanfaatkan teknologi informasi dan menambah titik-titik pengaksesan internet serta tetap menjaga pengawasan pemanfaatan teknologi informasi yang tidak sesuai dengan kebutuhan siswa dalam proses belajar-mengajar sekolah dapat meningkatkan suasana sekolah lebih nyaman sehigga dapat meningkatkan konsentrasi belajar (2) bagi guru hendaknya dapat meningkatkan pembelajaran yang bervariasi dengan mengkombinasikan teknologi informasi yang saat ini berkembang agar pembelajaran lebih menyenangkan sehingga konsentrasi belajar siswa pun menjadi meningkat (3) bagi kalangan akademisi selanjutnya hendaknya meniliti variabel bebas selain pemanfaatan teknologi informasi dan konsentrasi belajar dan diharapkan menambah sampel lebih besar dan waktu penelitian yang lebih lama sehingga analisisnya dapat lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39115

Actions (login required)

View Item View Item