Surya, Ian Laksana (2012) Pengaruh hasil belajar matakuliah keahlian berkarya dan hasil Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap minat menjadi guru (studi kasus pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2008 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Ian Laksana Surya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci nilai matakuliah keahlian berkarya PPL minat menjadi guru Pendidikan mencakup tiga unsur yaitu peserta didik pendidik serta proses pendidikan. Antara ketiga unsur tersebut merupakan input proses output yang didalamnya harus terdapat hubungan yang bersifat langsung dan linier agar dapat mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Untuk memperoleh output yang diinginkan maka diperlukan input yang berkualitas. Sebagai contoh input dari pendidikan yaitu guru. Dalam proses pendidikan diperlukan input yang berkualitas dalam hal ini kemampuan guru dalam mengajar agar dapat meningkatkan mutu output yaitu peserta didik yang berkualitas yang mampu berkompetisi dalam persaingan global. Dalam menghasilkan guru yang berkualitas pada universitas yang membuka jurusan keguruan dalam hal ini Universitas Negeri Malang (UM) perlu adanya pengembangan karier dan kesejahteraan. Untuk merealisasikan tujuan tersebut diperlukan berbagai pengalaman belajar yang utuh dan terintegrasi. Pengalaman belajar tersebut akan didapatkan mahasiswa melalui PPL Keguruan. Mahasiswa yang ingin melaksanakan PPL harus sudah menempuh matakuliah keahlian berkarya (yang menjadi syarat mahasiswa dapat mengikuti PPL Keguruan). Bukan hanya semata telah menempuh matakuliah keahlian berkarya tersebut namun juga lulus dengan nilai yang mumpuni. Walaupun kemampuan setiap mahasiswa tidak bisa hanya diukur dari nilai yang tertera pada Kartu Hasil Studi (KHS) namun di lingkungan masyarakat dan lingkungan pendidikan anggapan tentang nilai sudah menjadi sesuatu hal yang mutlak. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh langsung hasil belajar matakuliah keahlian berkarya terhadap hasil PPL pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2008 (2) Ada pengaruh langsung hasil PPL terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2008 (3) Ada pengaruh langsung hasil belajar matakuliah keahlian berkarya terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2008 (4) Ada pengaruh tidak langsung hasil belajar matakuliah keahlian berkarya terhadap minat menjadi guru melalui hasil PPL pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2008. Asumsi pada penelitian ini yaitu (1) Hasil PPL merupakan cerminan dari hasil praktek pengalaman mahasiswa selama menjadi guru pada sekolah menengah yang menjadi tempat prakteknya. (2) Hasil belajar matakuliah keahlian berkarya merupakan cerminan dari usaha dan hasil belajar mahasiswa selama mengikuti kegiatan kuliah di Universitas Negeri Malang. (3) Responden (para mahasiswa) yang terlibat dalam penelitian ini memahami isi angket dan memberikan jawaban dengan jujur dan obyektif. Populasi adalah seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2008 fakultas ekonomi di Universitas Negeri Malang yang berjumlah 86 mahasiswa. Karena kurang dari 100 orang maka penelitian ini memakai seluruh jumlah populasi sebagai objek penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Analisis yang dipakai pada penelitian ini menggunakan path analysis atau analisis jalur. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) mayoritas mahasiswa memiliki hasil belajar matakuliah keahlian berkarya yang sangat memuaskan dengan jumlah 51 mahasiswa atau 59 3% (2) hasil PPL memiliki hasil yang sangat memuaskan dengan jumlah sebanyak 83 mahasiswa atau 96 51% (3) mayoritas mahasiswa atau sebanyak 50 mahasiswa (58 14%) memiliki minat menjadi guru yang sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengaruh hasil belajar matakuliah keahlian berkarya (X1) terhadap hasil PPL (Y1) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 969 0 05. (2) pengaruh hasil PPL (Y1) terhadap minat menjadi guru (Y2) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 347 945 0 05. (3) pengaruh hasil belajar matakuliah keahlian berkarya (X1) terhadap minat menjadi guru (Y2) diperoleh nilai 0 013 945 0 05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) hasil belajar matakuliah keahlian berkarya tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil PPL mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2008 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. (2) hasil PPL tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2008 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri. (3) hasil belajar matakuliah keahlian berkarya berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2008 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. (4) hasil belajar matakuliah keahlian berkarya tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru melalui hasil PPL mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2008 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Saran yang diajukan adalah (1) bagi Fakultas tetap memberikan sistem pendidikan yang terbaik bagi mahasiswa (2) bagi mahasiswa disarankan untuk menjaga konsistensinya dalam belajar walau terdapat matakuliah yang kurang dipahami harus tetap memberikan yang terbaik dan dalam teori dan praktek seyogyanya bisa seimbang (3) bagi penelitian selanjutnya hendaknya melakukan penelitian pada jurusan maupun fakultas lain menambah variabel dan sampel sehingga penelitian dapat lebih bervariasi seperti motivasi orang tua dan hobi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39105 |
Actions (login required)
View Item |