Lindisari, Fuana Fua (2012) Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis adobe flash pada pokok bahasan inflasi dan indeks harga di SMA Laboratorium UM Kota Malang / Fuana Fua Lindisari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pengembangan multimedia pembelajaran adobe flash pokok bahasan inflasi dan indeks harga Berdasarkan observasi yang dilakukan penulis saat melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II di SMA Laboratorium UM Kota Malang pada mata pelajaran Ekonomi pada hakikatnya dapat dipahami siswa bukan hanya dengan membaca buku dan mendengarkan penjelasan dari guru serta melalui diskusi yang terbatas pada pembelajaran yang ada di sekolah akan tetapi diperlukan media pembelajaran yang dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi dan pemahaman siswa tentang materi serta dapat membuat materi pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang bersifat mandiri yang dapat membuat pelajaran lebih menarik efektif dan efisien. Salah satu media pembelajaran yang berkembang saat ini adalah multimedia. Multimedia pembelajaran yang dikembangkan mencakup beberapa komponen yaitu teks gambar suara video dan animasi dengan muatan materi inflasi dan indeks harga. Program multimedia pembelajaran ini dirancang dengan menggunakan adobe flash dan dikemas dalam CD yang dijalankan secara otomatis. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam memahami materi pada pokok bahasan inflasi dan indeks harga untuk siswa SMA kelas X. 2) Untuk memanfaatkan fasilitas laboratorium komputer melalui multimedia pembelajaran berbasis adobe flash pada pokok bahasan inflasi dan indeks harga untuk siswa SMA kelas X. 3) Untuk mengemas materi pembelajaran pada pokok bahasan inflasi dan indeks harga ke dalam multimedia pembelajaran untuk SMA kelas X. 4) Untuk melakukan uji multimedia pembelajaran berbasis adobe flash pada pokok bahasan inflasi dan indeks harga untuk SMA kelas X untuk SMA kelas X. 5) Menghasilkan produk berupa multimedia pembelajaran dengan adobe flash pada pokok bahasan indeks harga dan inflasi yang telah divalidasi sehingga dinyatakan layak sebagai alternative multimedia pembelajaran yang mandiri. ii Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan produk yang berupa Multimedia pembelajaran dan diujicobakan kepada siswa SMA Laboratorium UM Kota Malang. Model yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah model prosedural karena bersifat deskriptif yaitu menggariskan langkahlangkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Jenis angket yang digunakan yaitu angket terbuka dan angket tertutup. Angket terbuka menghasilkan jenis data kualitatif yaitu berupa saran kritik dan pendapat secara umum terhadap multimedia pembelajaran. Sedangkan angket tertutup menghasilkan jenis data kuantitatif yaitu hasil skor evaluasi penilaian terhadap multimedia pembelajaran yang menggunakan skala likert. Data kuantitatif tersebut kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif presentase. Dan memperoleh skor persentase dari validasi ahli materi 86.09% 86.75% dari ahli media dan 82.89% dari uji coba lapangan terbatas sehingga secara keseluruhan didapatkan 85.24% skor persentase sebesar dan dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran dengan adobe flash pada pokok bahasan inflasi dan indeks harga sekolah menengah atas valid/layak sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39103 |
Actions (login required)
View Item |