Nugroho, Arif Dwi Edu (2012) Hubungan antara tingkat kecerdasan intelektual (IQ), motivasi dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 9 Malang / Arif Dwi Edu Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci kecerdasan intelektual motivasi kebiasaan belajar prestasi belajar. Istilah prestasi digunakan untuk menunjukkan mengenai pencapaian suatu tingkat keberhasilan dari suatu usaha yang telah dilakukan. Prestasi belajar dipengaruhi oleh banyak hal beberapa diantaranya adalah IQ motivasi belajar dan kebiasaan belajar siswa. Kriteria prestasi belajar dalam penelitian ini yakni sangat baik baik cukup kurang sangat kurang. Kecerdasan atau intellegence berasal dari bahasa latin intelectus dan intelligentina yang berarti kekuatan yang melengkapi akal pikiran manusia dengan gagasan abstrak yang universal. Kriteria IQ dalam penelitian ini meliputi genius sangat pandai pandai normal dibawah normal bodoh moron idiot. Motivasi belajar adalah sesuatu yang menggerakkan atau mendorong orang tersebut baik fisik maupun mental untuk belajar khususnya yang menyangkut proses belajar mengajar. Dalam penelitian terdapat dua macam motivasi yaitu motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Motivasi intrinsik berasal dari dalam diri dan motivasi ekstrinsik berasal dari luar. Sedangkan kebiasaan belajar adalah cara terbaik bagi seseorang untuk belajar itu sebabnya perlu untuk menciptakan bentuk akhirnya belajar karena kebiasaan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecerdasan intelektual atau IQ terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang (2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Malang (3) Untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA N 9 Malang (4) Untuk mengetahui besarnya pengaruh tingkat kecerdasan intelektual atau IQ motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini tergolong dalam jenis korelasional karena berusaha mencari korelasi (hubungan) antara variabel bebas dan variabel terikat. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang tahun ajaran 2011/ 2012. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA N 9 Malang. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah kuesioner/ angket dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini yakni analisis deskriptif. Analisis ini bertujuan untuk menggambarkan kondisi masing-masing variabel. Deskriptif data ini meliputi variabel X1 yaitu IQ dan X2 motivasi belajar X3 kebiasaan belajar serta Y adalah prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS. Dari hasil analisis diketahui bahwa 61 4 % perubahan variabel Y (prestasi belajar siswa) disebabkan oleh perubahan variabel X (IQ motivasi kebiasaan) sedangkan sisanya 38 6% disebabkan oleh faktor di luar perubahan variabel X yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa Intellegence Quotient (IQ) motivasi dan kebiasaan belajar bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. Perlu digaris bawahi bahwa sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang memiliki Intellegence Quotient (IQ) yang terdiri dari klasifikasi pandai diatas normal normal. Maka diketahui bahwa variabel IQ tidak 100% menjamin keberhasilan dalam meraih prestasi belajar sedangkan motivasi dan kebiasaan belajar secara signifikan mempengaruhi tingginya prestasi belajar. Keadaan tersebut dapat terjadi karena faktor-faktor lain yang lebih dominan yaitu motivasi gaya belajar fasilitas belajar kemajuan IT (informasi dan teknologi) kondisi fisik dan psikologis saat mengerjakan ujian metode guru dalam mengajar lingkungan keluarga lingkungan sekolah lingkungan masyarakat dan berbagai faktor lain yang dapat menyebabkan perubahan pada prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Aug 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39102 |
Actions (login required)
View Item |