Anggraini, Sonya Ayu (2012) Pengaruh kondisi ekonomi orang tua, pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan apresiasi orang tua terhadap hasil belajar ekonomi siswa (studi kasus pada siswa kelas XI Ilmu Sosial SMAN 02 Batu semester 3 tahun ajaran 2010/2011) / Sonya Ayu Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Kondisi Ekonomi Orang Tua Pendidikan Ekonomi di Lingkungan Keluarga Apresiasi Orang Tua Hasil Belajar Siswa. Suatu bangsa dikatakan maju apabila bangsa tersebut mepunyai SDM yang handal dan berkualitas. Untuk mencetak SDM yang berkualitas diperlukan pendidikan. Dalam proses pembelajaran hasil belajar seorang siswa dalam menguasai mata pelajaran di sekolah tidak lepas dari faktor internal maupun faktor eksternal yang mempengaruhinya. Beberapa faktor eksternal yang mempengaruhinya yaitu kondisi ekonomi orang tua pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan apresiasi orang tua. Dengan kondisi ekonomi yang tinggi dapat membantu meningkatkan semangat belajar siswa karena orang tua mereka mampu menyediakan kebutuhan sarana dan prasarana yang mereka. Keluarga juga merupakan suatu lembaga informal yang menjadi sarana terwujudnya tujuan tersebut. Di dalam keluarga inilah siswa memperoleh pengetahuan dengan belajar berbagai macam hal khususnya pendidikan ekonomi. Apresiasi orang tua terhadap keberhasilan anak dapat diwujudkan dalam bentuk pemberian perhatian sarana dan prasarana suasana belajar media dan sumber belajar serta keteladanan orang tua. Variabel dalam penelitian ini adalah kondisi ekonomi orang tua pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan apresiasi orang tua sebagai variabel independen serta hasil belajar sebagai variabel dependen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara variabel kondisi ekonomi orang tua pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan apresiasi orang tua terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian eksplanatori. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IS SMAN 02 Batu yang berjumlah 110 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 52 siswa dengan teknik proportional random sampling yang diperoleh dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data adalah melalui angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 17.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi ekonomi orang tua pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan apresiasi orang tua mempunyai pengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IS SMAN 02 Batu. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kondisi ekonomi orang tua pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan apresiasi orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 60 9%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39098 |
Actions (login required)
View Item |