Jati, Lud Ferry Kurnia (2012) Pengaruh persepsi siswa tentang koperasi sekolah terhadap partisipasi siswa dalam koperasi sekolah di SMA Negeri 6 Kota Malang / Lud Ferry Kurnia Jati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci persepsi siswa partisipasi siswa Koperasi sekolah sangat penting keberadaannya dalam dunia pendidikan. Adanya koperasi sekolah adalah sebagai wujud dari upaya untuk menanamkan jiwa dan semangat koperasi yang dilakukan melalui jalur pendidikan formal. Koperasi sekolah didirikan di lingkungan sekolah dan anggotanya terdiri dari siswa-siswi di sekolah tersebut. Pendirian koperasi sekolah ini berperan penting bagi siswa dalam rangka memajukan pendidikan nasional. Sebagai penunjang program pembangunan pemerintah disektor perekonomian melalui program pendidikan koperasi di sekolah menumbuhkan koperasi sekolah dan kesadaran berkoperasi di kalangan siswa membina rasa tanggung jawab disiplin serta setia kawan dan jiwa demokrasi pada siswa-siswa sekolah yang sangat berguna bagi pembangunan diri dan Negara. Partisipasi siswa di koperasi sekolah sangatlah penting. Dengan adanya koperasi sekolah tersebut maka diharapan siswa dapat berperan aktif dan ikut berpartisipasi dalam koperasi sekolah baik partisipasi dalam bidang usaha partisipasi dalam bidang organisasi maupun partisipasi dalam permodalan koperasi sekolah. Siswa memegang peranan penting dalam perkembangan koperasi sekolah maka dari itu perlu ditanamkan kesadaran siswa untuk berpartisipasi aktif dalam koperasi sekolah sejak dini. Kesadaran siswa untuk berpartisipasi dalam koperasi sekolah akan dapat tumbuh dan berkembang sebagai akibat dari adanya persepsi siswa itu sendiri tentang koperasi sekolah karena persepsi siswa tentang koperasi sekolah diduga merupakan salah satu faktor penting dalam perjalanan koperasi sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi siswa tentang koperasi sekolah terhadap partisipasi siswa dalam koperasi sekolah. Persepsi siswa tentang koperasi sekolah meliputi persepsi siswa tentang pengertian dan karakteristik koperasi sekolah persepsi siswa tentang maksud dan tujuan koperasi sekolah persepsi siswa tentang keanggotaan koperasi sekolah persepsi siswa tentang ketatalaksanaan koperasi sekolah persepsi siswa tentang kegiatan usaha koperasi sekolah dan partisipasi siswa di koperasi sekolah meliputi partisipasi dalam bidang organisasi partisipasi dalam bidang usaha dan partisipasi dalam bidang modal koperasi sekolah. Penelitan ini dilakukan di SMA Negeri 6 Kota Malang pada bulan Pebruari sampai dengan April tahun 2012. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang ada di SMA Negeri 6 Kota Malang sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 109 siswa dari seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Kota Malang sebanyak 149 siswa teknik yang digunakan yaitu propotional random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket. Pengaruh persepsi siswa tentang koperasi sekolah terhadap partisipasi siswa dalam koperasi sekolah dilihat dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Koefisien regresi persepsi siswa tentang koperasi sekolah sebesar 0 258 artinya jika persepsi siswa tentang koperasi sekolah mengalami peningkatan sebesar 1 satuan maka partisipasi siswa dalam koperasi sekolah akan meningkat sebesar 0 258 satuan hal ini terbukti berpengaruh meskipun angka yang didapat relatif kecil. Hasil uji parsial dalam analisis yang dilakukan penulis mendapatkan nilai signifikansi 0 001. Signifikansi 0 001 berarti jauh lebih kecil dari nilai 945 (0 05) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Dengan kata lain terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang koperasi sekolah dengan partisipasi siswa dalam koperasi sekolah di SMA Negeri 6 Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan pihak sekolah dapat melakukan beberapa hal dalam rangka meningkatkan persepsi siswa tentang koperasi sekolah dan juga partisipasinya di koperasi sekolah hendaknya dilakukan pendidikan dan pelatihan koperasi sekolah di kalangan siswa SMA Negeri 6 Kota Malang melalui pendidikan dan pelatihan koperasi sekolah diharapkan siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan tentang seluk beluk koperasi sekolah secara teori tetapi juga memperoleh pengalaman untuk melakukan praktik dalam kepengurusan koperasi sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39094 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |