Komunikasi matematis tertulis siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematis tipe pisa ditinjau dari tipe kepribadian littauer / Vanie Dewi Rosliani</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Komunikasi matematis tertulis siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematis tipe pisa ditinjau dari tipe kepribadian littauer / Vanie Dewi Rosliani</p>

Rosliani, Vanie Dewi (2025) Komunikasi matematis tertulis siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematis tipe pisa ditinjau dari tipe kepribadian littauer / Vanie Dewi Rosliani</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Komunikasi matematis tertulis adalah proses yang dilakukan oleh siswa untuk menyampaikan dan menjelaskan ide serta langkah penyelesaian soal matematika secara tertulis. Dalam literasi matematis Komunikasi matematis memegang peranan penting karena memungkinkan siswa untuk merumuskan menerapkan dan menafsirkan ide - ide matematika dalam berbagai konteks. Namun data menunjukkan bahwa skor literasi matematis siswa Indonesia dalam PISA 2022 masih rendah. Selain itu pada studi pendahuluan yang dilakukan di MTsN 1 Malang menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menuliskan informasi dengan bahasa sendiri menyusun model matematika serta menggambar grafik. Salah satu faktor yang diduga memengaruhi komunikasi adalah kepribadian. Kepribadian menurut Littauer dibagi menjadi empat tipe yaitu sanguinis koleris melankolis dan phlegmatis yang masing-masing menunjukkan gaya komunikasi yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi matematis tertulis siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematis tipe PISA ditinjau dari tipe kepribadian Littauer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dilakukan di MTsN 1 Kota Malang tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian adalah empat siswa kelas VIII-I yang mewakili masing-masing tipe kepribadian berdasarkan hasil angket kepribadian Littauer. Teknik pengumpulan data meliputi angket untuk mengidentifikasi tipe kepribadian tes literasi matematis tipe PISA serta wawancara semi terstruktur untuk menggali informasi mendalam dari responden. Soal yang diberikan terdiri dari tiga butir yang mencakup konten data dan ketidakpastian konteks personal dan pekerjaan dan berada pada level 1a 2 dan 3 PISA. Data dianalisis menggunakan teknik Miles dan Huberman yakni reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan serta dilakukan triangulasi antar teknik untuk menjamin keabsahan temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa koleris dan melankolis cenderung menyelesaikan soal dengan menyusun model matematika secara logis menuliskan langkah kerja secara sistematis serta menyajikan grafik dengan struktur yang baik dan akurat meskipun siswa koleris kadang kurang eksploratif dan siswa melankolis terlalu perfeksionis. Selanjutnya siswa sanguinis dan phlegmatis dalam menyelesaikan soal cenderung tidak mengikuti alur penyelesaian yang runtut dan langsung menuju penulisan jawaban akhir meskipun siswa sanguinis lebih banyak dalam menjabarkan jawabannya daripada siswa phlegmatis yang menyajikan langkah ndash langkah secara singkat dalam proses penyelesaiannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Aug 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/390914

Actions (login required)

View Item View Item