Sari, Noviana Puspita (2025) Interferensi berpikir siswa dalam menyelesaikan soal materi himpunan berdasarkan prosedur newman / Noviana Puspita Sari</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interferensi berpikir siswa dalam menyelesaikan soal materi himpunan berdasarkan prosedur Newman. Interferensi berpikir merupakan gangguan yang terjadi ketika pemrosesan suatu informasi terhalang oleh informasi lainnya sehingga mengganggu proses berpikir dan menyebabkan terjadinya kesalahan dalam penyelesaian soal. Penelitian ini memfokuskan pada tiga jenis interferensi berpikir yaitu semantik prosedural dan respons karena ketiganya menggambarkan gangguan yang sering dialami siswa dalam menyelesaikan soal. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sebanyak 30 siswa kelas VIII di Kabupaten Kediri mengerjakan dua tes tertulis (Tes 1 dan Tes 2). Berdasarkan hasil tes dan wawancara yang dilakukan dipilih empat siswa sebagai subjek penelitian. Pemilihan dilakukan sesuai pola kesalahan yang konsisten dan beragam pada tahap prosedur Newman yaitu kesalahan membaca memahami masalah transformasi keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Selain itu subjek juga mengindikasikan adanya interferensi berpikir dalam proses penyelesaian soal. Analisis data pada penelitian ini mencakup reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami tiga jenis interferensi berpikir dalam menyelesaikan soal materi himpunan berdasarkan prosedur Newman yaitu (1) interferensi semantik muncul pada kesalahan transformasi berupa gangguan dalam memaknai soal seperti makna dalam soal terganggu oleh pemahaman cepat yang tidak sesuai dengan konteks soal karena tidak memahami konteks soal secara utuh (2) interferensi prosedural muncul pada dua tahap yaitu (a) pada kesalahan transformasi berupa gangguan dalam memilih langkah penyelesaian seperti cenderung langsung menggunakan langkah penyelesaian dari soal sebelumnya yang tampak mirip tanpa mengecek kesesuaian dengan soal baru (b) pada kesalahan keterampilan proses berupa gangguan dalam proses menghitung seperti penggunaan operasi pecahan biasa terganggu dengan metode kali silang yang tidak tepat untuk konteks soal dan (3) interferensi respons muncul pada tiga tahap yaitu (a) pada kesalahan memahami masalah berupa gangguan dalam menangkap informasi penting dalam soal seperti siswa mengabaikan informasi penting karena menganggapnya sebagai jebakan seperti pada soal sebelumnya (b) pada kesalahan transformasi berupa gangguan dalam memilih rumus atau model matematika seperti kembali menggunakan rumus atau model matematika yang pernah dipakai sebelumnya meskipun tidak sesuai dengan soal baru dan (c) pada kesalahan penulisan jawaban akhir berupa gangguan dalam menuliskan jawaban akhir sesuai perintah soal seperti bentuk jawaban yang diberikan sama seperti soal sebelumnya meskipun perintah soal sudah berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/390903 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |