Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan scratch berbasis ajaran ki hajar dewantara untuk mendukung pemahaman konsep aljabar / Salma Farihah Muazarah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan scratch berbasis ajaran ki hajar dewantara untuk mendukung pemahaman konsep aljabar / Salma Farihah Muazarah</p>

Muazarah, Salma Farihah (2025) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbantuan scratch berbasis ajaran ki hajar dewantara untuk mendukung pemahaman konsep aljabar / Salma Farihah Muazarah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah membawa perubahan signifikan pada dunia pendidikan dan menjadikannya sarana penting dalam pengajaran dan pembelajaran. Dalam pembelajaran guru berperan sebagai fasilitator yang menciptakan lingkungan belajar yang kondusif kreatif dan inovatif sementara peserta didik diharapkan aktif dalam mencapai tujuan khususnya dalam pemahaman konsep matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman konsep dalam memecahkan masalah matematika rendahnya pemahaman konsep aljabar siswa kelas VII SMPN 1 Lawang potensi ajaran Ki Hajar Dewantara untuk mendukung pemahaman konsep siswa serta perlunya media pembelajaran interaktif berbantuan Scratch berbasis ajaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbantuan Scratch berbasis ajaran Ki Hajar Dewantara untuk mendukung pemahaman konsep aljabar yang valid praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R amp D) dengan mengacu pada model pengembangan 4D meliputi Define Design Development dan Dissemination. Subjek uji coba penelitian ini di SMPN 1 Lawang kelas VII-B sebanyak 27 peserta didik. Teknis analisis data penelitian ini meliputi uji kevalidan uji kepraktisan serta uji keefektifan terhadap media pembelajaran interaktif berbantuan Scratch berbasis ajaran Ki Hajar Dewantara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket untuk menguji kevalidan angket untuk menguji kepraktisan dan soal tes untuk menguji keefektifan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa media pembelajaran interaktif berbantuan Scratch berbasis ajaran Ki Hajar Dewantara untuk mendukung pemahaman konsep aljabar telah memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Hasil kevalidan diperoleh persentase rata-rata 88% yang menunjukkan kriteria sangat valid. Hasil kepraktisan diperoleh persentase rata-rata 83% yang menunjukkan kriteria cukup praktis. Sementara itu hasil keefektifan diperoleh persentase sebesar 92% siswa mencapai nilai di atas KKM. Persentase tersebut lebih dari 70% yang menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat efektif digunakan dalam pembelajaran. Media pembelajaran interaktif berbantuan Scratch diharapkan dapat digunakan guru untuk meningkatkan pemahaman konsep dan partisipasi aktif siswa serta dikembangkan lebih lanjut mencakup materi matematika atau mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Aug 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/390896

Actions (login required)

View Item View Item