Efektifitas penggunaan media komik terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi (studi eksperimen pada siswa SMP kelas VIII di SMP Negeri 1 Babadan Ponorogo / Rahmah Risqi Widhiyastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas penggunaan media komik terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi (studi eksperimen pada siswa SMP kelas VIII di SMP Negeri 1 Babadan Ponorogo / Rahmah Risqi Widhiyastuti

Widhiyastuti, Rahmah Risqi (2012) Efektifitas penggunaan media komik terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi (studi eksperimen pada siswa SMP kelas VIII di SMP Negeri 1 Babadan Ponorogo / Rahmah Risqi Widhiyastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Pengajaran Komik dan Hasil Belajar Pada dunia pendidikan khususnya proses belajar mengajar sebenarnya mempunyai banyak sarana dan materi yang secara representatif dapat membantu tercapainya tujuan belajar dalam setiap bidang studi. Dimana setiap guru dapat membuat pola pengajaran yang efektif dan menarik siswa agar dapat memahami ataupun mengerti dalam belajar. Maka guru dapat membuat media pengajaran. Media pengajaran pada dasarnya dapat dipergunakan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas untuk setiap tingkatan di setiap jenjang pendidikan. Media pengajaran dapat berupa visual audio audio-visual multimedia ataupun peralatan proyeksi. Salah satu contoh media pengajaran antara lain yaitu usaha pemanfaatan media komik media ini tergolong media pengajaran yang berkategori dalam visual. Salah satu tujuannya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui gambar. Dalam berbagai hal komik dapat diterapkan untuk menyampaikan pesan dalam berbagai ilmu pengetahuan dan karena penampilannya yang menarik format dalam komik ini seringkali diberikan pada penjelasan yang sungguh-sungguh dari pada sifat yang hiburan semata-mata. Dalam penelitian ini menggunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design yang mana penelitian ini menggunakan kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random atau menggunakan purposive sampling. Pengambilan populasi dan sampel pada dua kelas yaitu pada kelas VIII hasilnya dari nilai pre-test dan postest yang digunakan untuk menghitungnya nilai gain skor. Dimana nilai tersebut diambil dari selisih nilai pre-test post-test. Kesimpulan penggunaan media komik memicu stimulus siswa dalam belajar secara menyenangkan dan tidak menonton. Di sarankan kepada guru hendaknya memberikan stimulus dalam pengajarannya seperti penggunaan media pembelajaran yang tidak hanya media visual (komik).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39088

Actions (login required)

View Item View Item