Putra, Dani Surya (2012) Penerapan model pembelajaran kooperatif (Think Pair Share) TPS untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Batu semester gasal 2011/2012 / Dani Surya Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Think Pair Share Hasil Belajar Berdasarkan Observasi dan Pengalaman Praktik Lapangan pada tangal 20 Juli dan tanggal 2 November 2011 di SMP Negeri 3 Batu dalam pembelajaran khususnya siswa kelas 8b kurang aktif dalam mengikuti pelajaran dan bila diberi pertanyaan siswa tidak ada yang bersedia mengangkat tangan. Demikian pula bila diminta bertanya tidak bersedia mengangkat tangan melainkan mereka gemar berbicara dengan teman- teman sebangkunya di dalam kelas. Selain itu hasil belajar yang dicapai sebagian siswa pada mata pelajaran ekonomi masih kurang belum memenuhi SKM yang diterapkan SMP Negeri 3 Batu yaitu 75. Dari jumlah 7 kelas prosentase ketuntasan belajar secara klasikal kelas 8b lebih rendah dibandingkan dengan kelas lain dalam pelajaran ekonomi ( berdasarkan analisis nilai kelas 8a-8g pada materi kelangkaan). Pengklasifikasian kelas di SMP Negeri 3 Batu secara random berarti tidak ada kelas Unggulan. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Strategi pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS). Pembelajaran ini memiliki prosedur yang ditetapkan secara eksplisit memberikan siswa waktu lebih banyak untuk berpikir menjawab dan saling membantu sama lain. Saat pertanyaan diajukan ke seluruh siswa setiap siswa memiliki kesempatan yang sama untuk memikirkan jawaban dari pertanyaan sebelum dilaporkan kepada kelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ekonomi siswa kelas 8b SMP Negeri 3 Batu melalui penerapan pembelajaran kooperatif model TPS. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Data penelitian berupa Hasil belajar kognitif siswa diperoleh melalui skor yang berupa tes yang dilakukan setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar Kognitif siswa mengalami peningkatan sebesar 23 54% dari nilai rata-rata yang sebelumnya 50 78% menjadi 74 12% pada siklus 1 dan pada siklus II meningkat sebesar 16 56% dari rata-rata 67 81 % menjadi 84 37%. Hasil belajar afektif di peroleh dari pengamatan rubrik penilaian aspek afektif yang dilakukan selama kegiatan pembelajaran dalam pengamatan pada siklus 1 jumlah nilai rata-rata 58 8% pada siklus II meningkat sebesar 80 1% ada peningkatan 21 3%. Sehingga dapat disimpulkan aspek kognitif hasil belajar siklus I siswa belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal karena jumlah nilai yang diperoleh masih dibawah 80%. Sedangkan pada siklus II siswa sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal karena jumlah nilai yang diperoleh lebih dari 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa Pada aspek afektif hasil belajar siklus I ke siklus II ada peningkatan 21 3% poin dan penilaian aspek afektif siklus II lebih tinggi dari pada siklus I. adanya peningkatan tersebut Dikarenakan siswa sudah memahami prosedur pembelajaran yang menggunakan pembelajaran kooperatif model TPS pada saat proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39087 |
Actions (login required)
View Item |