Fitriyah, Irna Rinawatul (2025) Pengembangan bahan ajar apresiasi dan membaca dialog naskah drama bermuatan tradisi lokal Madura untuk peserta didik kelas XI SMA /Irna Rinawatul Fitriyah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini didasari oleh pentingnya bahan ajar dalam mendukung pembelajaran khususnya dalam mengembangkan kompetensi berbicara peserta didik dengan fokus pada dialog dalam naskah drama. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar dialog berbasis naskah drama yang mengandung nilai-nilai tradisi lokal Madura untuk peserta didik kelas XI SMA. Pengembangan bahan ajar tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik sekaligus menanamkan nilai-nilai budaya lokal. Selain membantu dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi drama penelitian dan pengembangan ini juga berperan dalam memperkuat identitas budaya serta keterampilan berdialog yang kontekstual. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 4D yang meliputi empat tahapan yaitu (1) pendefinisian (2) perancangan (3) pengembangan dan (4) penyebaran. Pada tahap pendefinisian berfokus untuk mengidentifikasi dan merumuskan kebutuhan pengembangan bahan ajar berdasarkan pembelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan berbicara dengan materi drama. Tahap perancangan bertujuan merancang bahan ajar sesuai dengan hasil analisis kebutuhan peserta didik. Selanjutnya tahap pengembangan meliputi pembuatan produk bahan ajar sesuai rancangan yang telah dibuat kemudian dilakukan validasi oleh para ahli bahan ajar dan praktisi pembelajaran. Tahap terakhir penyebaran bertujuan untuk menyebarluaskan bahan ajar kepada pengguna di SMAN 3 Bangkalan. Setelah melewati seluruh tahap pengembangan penelitian ini menemukan beberapa hal penting terkait bahan ajar yang mengandung muatan tradisi lokal Madura yaitu pertama cakupan materi yang mencakup nilai-nilai tradisi lokal Madura kedua pembahasan unsur-unsur pembangun naskah drama baik intrinsik maupun ekstrinsik dan ketiga latihan membaca dialog naskah drama. Hasil penelitian bahan ajar berdasarkan proses pengembangan produk yaitu (1) data hasil tahap pendefinisian diperoleh melalui analisis awal-akhir analisis peserta didik analisis tugas analisis konsep dan perumusan tujuan pembelajaran. Data penelitian yang diperoleh berupa hasil identifikasi kebutuhan peserta didik dalam pengalaman belajar bermakna yang dekat dengan kehidupan sehari-hari melalui materi drama dan diperoleh perumusan tujuan pembelajaran utama berdasakan CP elemen berbicara (2) data hasil tahap pendesainan diperoleh melalui analisis penyusunan tes acuan patokan pemilihan media pemilihan format dan membuat rancangan awal. Data penelitian yang diperoleh berupa rancangan awal produk mulai dari isi buku yang terdiri dari tiga bab bentuk evaluasi pada setiap bab dan rancangan format produk cetak dengan menggunakan kertas berukuran A4 (3) data hasil tahap pengembangan diperoleh melalui validasi ahli bahan ajar revisi produk bahan ajar dan uji coba bahan ajar. Data penelitian yang diperoleh (a) aspek umum bahan ajar memperoleh rata-rata validasi sebesar 92% (b) aspek penyajian materi mendapat rata-rata validasi 84% (c) aspek bahasa memperoleh rata-rata validasi 72 8 dan (c) aspek desain serta tampilan bahan ajar mencapai rata-rata validasi 76 6%. Data revisi produk bahan ajar terdapat pada bagian evaluasi bab 1 penggunaan kata atau frasa dalam produk dan desain yang perlu dikembangkan. Data hasil uji coba bahan ajar oleh ahli praktis pembelajaran menunjukkan rata-rata skor 96 6% dan hasil uji coba oleh peserta didik diperoleh skor rata-rata 85%. (4) data hasil tahap penyebaran adalah penyebarluasan produk dilakukan dengan menyerahkan bahan ajar ke SMAN 3 Bangkalan. Hasil penelitian berupa produk bahan ajar yaitu (1) produk bahan ajar berjudul Apresiasi dan Membaca Dialog Naskah Drama Bermuatan Nilai Tradisi Lokal Madura terdapat sampul bahan ajar daftar isi dan bagian pendahuluan sesuai dengan isi bahan ajar (2) bab 1 membaca dan memahami naskah drama bermuatan nilai tradisi lokal Madura (3) bab 2 mengenal unsur pembangun naskah drama bermuatan nilai tradisi lokal Madura (4) bab 3 latihan membaca dialog naskah drama bermuatan nilai tradisi lokal Madura (5) masing-masing bab berisikan materi sesuai dengan capaian pembelajaran pada setiap bab disertai evaluasi peserta didik dan refleksi peserta didik (6) bahan ajar dilengkapi dengan rangkuman materi uji kompetensi glosarium dan daftar rujukan dalam bahan ajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/390833 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |