Kecemasan berbicara mahasiswa IAIN Madura pada saat kegiatan presentasi di dalam kelas / Bahruddin</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Kecemasan berbicara mahasiswa IAIN Madura pada saat kegiatan presentasi di dalam kelas / Bahruddin</p>

Bahruddin (2025) Kecemasan berbicara mahasiswa IAIN Madura pada saat kegiatan presentasi di dalam kelas / Bahruddin</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Bahruddin. 2025. Kecemasan Berbicara Mahasiswa IAIN Madura pada Saat Kegiatan Presentasi di Dalam Kelas. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indoensia Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Imam Agus Basuki M.Pd. (II) Prof. Dr. Martutik M.Pd. Penelitian mengenai kecemasan berbicara pada mahasiswa saat presentasi penting dilakukan karena kemampuan berbicara di depan umum merupakan salah satu keterampilan esensial dalam dunia akademik. Kecemasan berbicara dapat berdampak negatif terhadap kualitas penyampaian materi kepercayaan diri serta pencapaian akademik mahasiswa. Kecemasan berbicara merupakan salah satu bentuk gangguan berbicara yang kerap dialami mahasiswa sedangkan presentasi merupakan kegiatan akademik yang menuntut kemampuan berbicara yang baik. Akan tetapi tidak semua mahasiswa mampu menghadapinya dengan percaya diri sehingga menjadi hambatan dalam proses pembelajaran dan pencapaian akademik. Oleh karena itu penelitian mengenai kecemasan berbicara mahasiswa saat kegiatan presentasi penting dilakukan untuk memahami gejala secara lebih mendalam. Penelitian ini difokuskan terhadap tiga fokus utama. Pertama ciri-ciri kecemasan berbicara yang muncul pada mahasiswa saat presentasi di depan kelas. Kedua faktor penyebab munculnya kecemasan berbicara. Ketiga upaya yang dilakukan mahasiswa untuk menghindari kecemasan berbicara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus karena bertujuan untuk memahami secara mendalam bentuk dan pengalaman kecemasan berbicara yang dialami oleh mahasiswa saat melakukan presentasi di dalam kelas. Melalui observasi dan wawancara peneliti dapat menemukan ciri-ciri faktor penyebab serta upaya mahasiswa untuk menghindari kecemasan berbicara dengan menggali data langsung dari narasumber. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk memahami bagaimana kecemasan muncul dirasakan dan dikelola oleh mahasiswa. Jenis penelitian studi kasus dipilih karena menyoroti gejala tertentu dalam konteks yang terbatas yaitu kecemasan berbicara yang dialami oleh 15 mahasiswa IAIN Madura pada saat presentasi di dalam kelas. Studi kasus memberikan ruang bagi peneliti untuk memusatkan perhatian pada satu kelompok atau situasi tertentu secara mendalam sehingga hasil yang diperoleh dapat memberikan gambaran menyeluruh tentang permasalahan yang dikaji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama ciri-ciri kecemasan berbicara mahasiswa bisa dilihat dari dua aspek yaitu aspek verbal dan asepek nonverbal. Aspek verbal meliputi (1) berbicara yang terbata-bata (2) penggunaan campur kode dan (3) kesalahan pengucapan atau slip of the tongue. Aspek nonverbal meliputi (1) gerakan tubuh yang tidak terkontrol (2) perilaku gelisah serta (3) sikap tubuh yang kaku dalam menyampaikan materi. Kedua faktor penyebab kecemasan berbicara yang ditemukan berasal dari dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kepercayaan diri yang rendah diakibatkan oleh perasaan ragu terhadap kemampuan diri sendiri kurangnya penguasaan terhadap materi yang akan dipresentasikan dan minimnya latihan atau persiapan sebelum tampil. Faktor eksternal disebabkan oleh keberadaan teman yang dikenal kritis dalam memberikan tanggapan atau penilaian. Ketiga upaya mahasiswa untuk menghindari kecemasan berbicara pada saat kegiatan presentasi di dalam kelas adalah berlatih berbicara secara mandiri seperti 1) latihan berbicara sendiri 2) latihan berbicara di depan cermin 3) latihan berbicara di depan teman serta 4) membuat catatan kecil. Melalui tiga fokus tersebut diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam memahami dinamika kecemasan berbicara di kalangan mahasiswa saat kegiatan presentasi di dalam kelas serta menjadi dasar bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih baik dalam meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum. Serta disanrankan bagi dosen mata kuliah bisa memberikan dorongan untuk peningkatan kepercayaan diri mahasiswa sehingga dapat menimalisir kecemasan berbicara saat presentasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Aug 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/390830

Actions (login required)

View Item View Item