Cundiana, Nanang (2012) Penerapan perpaduan model pembelajaran tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (IPS terpadu) kelas VIII F SMP Negeri 10 Malang / Nanang Cundiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci STAD (Student Teams Achievement Division) Inkuiri Hasil Belajar Berdasarkan observasi awal di SMP Negeri 10 Malang permasalahan yang ditemukan peneliti di kelas VIII-F yaitu mereka mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran dengan materi yang berkaitan dengan kehidupan nyata. Hal ini karena siswa hanya menggunakan LKS sebagai sumber belajar menyebabkan ranah berpikir mereka konvensional dan kurang aktif. Mereka malas untuk mencari sumber belajar lain sehingga kesulitan dalam mengerjakan soal-soal yang mengandung unsur analisis.Untuk mengatasi hal ini peneliti menggunakan perpaduan pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan Inkuiri. Pembelajaran STAD memacu siswa lebih bisa bekerjasama dengan siswa lain dalam berdiskusi siswa lebih aktif dalam pembelajaran siswa lebih sering mengajukan pertanyaan tentang materi yang dijelaskan secara utuh siswa lebih berani menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat. Inkuiri melatih siswa untuk menemukan sendiri konsep dalam belajar sehingga dapat meningkatkan pemahaman bagi siswa dan juga memacu siswa untuk memperbanyak sumber belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan perpaduan pembelajaran STAD dan inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus melalui pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIF SMP Negeri 10 Malang yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes observasi angket catatan lapangan dan dokumentasi. Sedangkan analisis data meliputi mereduksi data penyajian data penarikan kesimpulan dan penilaian keberhasilan tindakan.. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I mengalami peningkatan pada siklusi II. Ketuntasan hasil belajar juga mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaranSTAD dan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-F SMP Negeri 10 Malang. Guru ekonomi disarankan menerapkan pembelajaran STAD dan inkuiri dalam mengembangkan strategi pembelajaran alternatif di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan model ini perlu disesuaikan dengan materi waktu pembelajaran dan lingkungan siswa di sekolahnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39080 |
Actions (login required)
View Item |