Andriyani, Renita (2012) Perbandingan pembelajaran kooperatif think pair share dan pembelajaran kontekstual problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS-Ekonomi kelas 7 SMP Negeri 19 Malang / Renita Andriyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Kooperatif Think Pair Share Kontekstual Problem Based Learning Aktivitas Belajar Hasil Belajar Pendidikan merupakan suatu upaya dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian dan keterampilan sesuai tuntutan pembangunan bangsa. Upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan mutu pendidikan yaitu melalui pembaharuan mutu pembelajaran.Ada tiga komponen yang perlu diperhatikan dalam pembaharuan pendidikan yaitu pembaharuan kurikulum peningkatan kualitas pembelajaran dan efektifitas metode pembelajaran. Kualitas dan keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan guru dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang efektif. Pengajaran yang efektif adalah pengajaran yang menyediakan kesempatan belajar bagi siswa siswa dituntut untuk aktif dalam pembelajaran agar hasil belajar yang diperoleh siswa dapat meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan antara (1) hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran kooperatif Think Pair Share dengan pembelajaran kontekstual Problem Based Learning pada materi perusahaan dan badan usaha (2) aktivitas belajar siswa menggunakan pembelajaran kooperatif Think Pair Share dengan pembelajaran kontekstual Problem Based Learning pada materi perusahaan dan badan usaha. Penelitian ini menggunakan rancangan quasy experiment design dengan status sosial ekonomi sebagai variabel kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 7 SMP Negeri 19 Malang yang berjumlah 420 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purpossive sampling yaitu kelas 7-A dan 7E dengan jumlah 86 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) lembar observasi aktivitas belajar pretest dan postes dan angket status sosial ekonomi. Teknik analisis dilakukan dengan menggunakan nilai rata-rata dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa pembelajaran kooperatif Think Pair Share efektif untuk diterapkan pada mata pelajaran IPS-Ekonomi pokok bahasan perusahaan dan badan usaha pada siswa kelas 7 di SMP Negeri 19 Malang karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Demikian pula dengan pembelajaran kontekstual Problem Based Learning efektiv untuk diterapkan pada mata pelajaran IPS-Ekonomi pokok bahasan perusahaan dan badan usaha pada siswa kelas 7 di SMP Negeri 19 Malang karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Akan tetapi terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan antara pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan pembelajaran kontekstual Problem Based Learning yang diketahui dari hasil pengujian gain score pada kedua kelompok. Melalui status sosial ekonomi diketahui bahwa kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 sebagian besar berada dalam status sosial ekonomi sedang dan cocok dengan model pembelajaran pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan model pembelajaran kontekstual Problem Based Learning Oleh karena itu diharapkan guru mata pelajaran IPS-Ekonomi SMP Negeri 19 Malang lebih menekankan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dari pada model pembelajaran kontekstual Problem Based Learning pada materi perusahaan dan badan usaha.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39078 |
Actions (login required)
View Item |