Pengaruh minat belajar dan persepsi siswa pada keterampilan guru dalam mengelola kelas dan pemanfaatan media pembelajaran oleh guru terhadap hasil belajar matapelajaran ekonomi di kelas X SMA Negeri 5 Kota Malang / Dessy Puspitaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat belajar dan persepsi siswa pada keterampilan guru dalam mengelola kelas dan pemanfaatan media pembelajaran oleh guru terhadap hasil belajar matapelajaran ekonomi di kelas X SMA Negeri 5 Kota Malang / Dessy Puspitaningrum

Puspitaningrum, Dessy (2012) Pengaruh minat belajar dan persepsi siswa pada keterampilan guru dalam mengelola kelas dan pemanfaatan media pembelajaran oleh guru terhadap hasil belajar matapelajaran ekonomi di kelas X SMA Negeri 5 Kota Malang / Dessy Puspitaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Minat Belajar dan Persepsi Siswa Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas Pemanfaatan Media Pembelajaran oleh Guru Hasil Belajar Pendidikan merupakan aktivitas sadar dan sengaja yang diarahkan untuk membawa peserta didik mencapai tujuan. Agar dapat mencapai tujuan yang efektif dan efisien dalam penyelenggaraan program pendidikan maka diperlukan evaluasi. Bagi siswa evaluasi diberikan terhadap hasil belajar mereka. Adapun hasil belajar siswa menurut para ahli secara umum dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor intern meliputi faktor kesehatan psikologis (intelegensi perhatian minat bakat) dan kelelahan serta faktor eksternal yaitu faktor keluarga sekolah dan masyarakat. Dalam penelitian ini faktor yang diteliti adalah faktor psikologis yang berfokus pada minat belajar dan faktor sekolah yang meliputi keterampilan guru dalam mengelola kelas dan pemanfaatan media pembelajaran oleh guru. Tujuan dari permasalahan penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran ekonomi (2) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa pada keterampilan guru dalam mengelola kelas terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran ekonomi (3) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa pada pemanfaatan media pembelajaran oleh guru terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran ekonomi (4) Apakah ada pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara minat belajar persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengelola kelas dan persepsi siswa pemanfaatan media pembelajaran oleh guru terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran ekonomi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknis analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa reguler kelas X SMA Negeri 5 Kota Malang tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 318 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini berdasarkan rumus Slovin dengan menggunakan teknik proportional random sampling dan diperoleh 76 responden. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh empat kesimpulan hasil penelitian yaitu (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa pada keterampilan guru dalam mengelola kelas terhadap hasil belajar siswa (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa pada pemanfaatan media pembelajaran oleh guru terhadap hasil belajar siswa (4) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara minat belajar persepsi siswa pada keterampilan guru dalam mengelola kelas dan persepsi siswa pada pemanfaatan media pembelajaran oleh guru terhadap hasil belajar siswa. Adapun saran yang ditujukan kepada guru matapelajaran ekonomi dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa yaitu guru hendaknya harus lebih senantiasa memberikan rangsangan kepada siswa dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap matapelajaran ekonomi dan senantiasa meningkatan keterampilan dalam mengelola kelas serta penggunaan berbagai macam media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39075

Actions (login required)

View Item View Item