Jayatri, Fidyah (2012) Hubungan antara kondisi sosial ekonomi keluarga dan prestasi akademik mata pelajaran ekonomi SMA dengan minat melanjutkan pendidikan ke Fakultas Ekonomi di perguruan tinggi (Studi kasus pada kelas XII IPS SMA Negeri 3 Kota Probolinggo) / Fidyah Jayatri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci sosial ekonomi prestasi akademik minat melanjutkan pendidikan Kondisi sosial ekonomi merupakan suatu kondisi keluarga banyak menentukan perkembangan dan pendidikan anak karena kebutuhan belajar anak memang memerlukan dana. Prestasi akademik mata pelajaran ekonomi SMA merupakan pencapaian hasil belajar siswa setelah melakukan usaha belajar. Jadi ketika ketika kondisi sosial ekonomi keluarga siswa semakin mendukung pemenuhan kebutuhan belajar siswa maka pencapaian prestasi akademik siswa diharapkan dapat maksimal sehingga akan memunculkan minat siswa untuk dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan secara parsial dan simultan variabel kondisi sosial ekonomi keluarga dan prestasi akademik mata pelajaran ekonomi SMA dengan minat siswa kelas XII IPS SMA Negeri 3 Probolinggo untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruaan Tinggi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII IPS SMA Negeri 3 Probolinggo dengan sampel 52 siswa dari tiga kelas tersebut sebagai responden. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi ganda. Dengan menggunakan analisis korelasi melalui SPSS 17.0 diperoleh hasil thitung ttabel untuk tiap-tiap variabel yaitu 4 450 2 021 untuk variabel kondisi sosial ekonomi dan 5 117 2 012 untuk variabel prestasi akademik mata pelajaran ekonomi SMA. Dari hasil analisis diketahui pula bahwa sekitar 71 4 % minat melanjutkan pendidikan ke jurusan ekonomi di Perguruan Tinggi berhubungan dengan kondisi sosial ekonomi keluarga dan prestasi akademik mata pelajaran ekonomi SMA. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan secara parsial dan simultan variabel kondisi sosial ekonomi keluarga dan prestasi akademik mata pelajaran ekonomi SMA dengan minat siswa SMA Negeri 3 Probolinggo untuk melanjutkan pendidikan ke jurusan ekonomi di Perguruan Tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan (1) bagi guru untuk memberi gambaran kepada siswa mengenai pentingnya meraih keinginan yang baik bagi siswa demi masa depannya. (2) bagi siswa diharapkan terus belajar dengan baik serta tetap menjaga harapan yang sesuai minatnya dengan baik agar dapat mencapai cita cita yang diharapkan. (3) Penelitian selanjutnya yang melakukan penelitian dengan topik sama diharapkan dapat mengambil populasi lebih besar dan dapat dilakukan di tempat/jenjang pendidikan yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39072 |
Actions (login required)
View Item |