Pengaruh kecerdasan intelektual, motivasi belajar, dan persepsi siswa tentang kopmpetensi guru IPS terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS terpadu di SMPN 18 Kota Malang / Rosyida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kecerdasan intelektual, motivasi belajar, dan persepsi siswa tentang kopmpetensi guru IPS terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS terpadu di SMPN 18 Kota Malang / Rosyida

Rosyida (2012) Pengaruh kecerdasan intelektual, motivasi belajar, dan persepsi siswa tentang kopmpetensi guru IPS terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS terpadu di SMPN 18 Kota Malang / Rosyida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kecerdasan intelektual motivasi belajar persepsi siswa tentang kompetensi guru IPS prestasi belajar siswa. Prestasi belajar adalah salah satu dari sekian alat ukur untuk mengukur dan mengetahui tingkat pemahaman siswa atas materi pelajaran yang diberikan oleh guru maupun yang ia pelajari sendiri dengan kata lain merupakan hasil dari apa yang telah dikerjakan. Lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka yang di-berikan oleh guru. Banyak faktor yang mempengaruhi tingkat prestasi belajar siswa salah satunya yaitu tingkat kecerdasan intelektual siswa. Disamping itu berdasarkan hasil pengamatan peneliti pada siswa kelas VII SMPN 18 kota Malang masih ada faktor lain yaitu motivasi belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi guru yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kecerdasan intelektual motivasi belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi guru IPS terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS ter-padu di SMPN 18 kota malang baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancang-an penelitian berupa explanatory research. Variabel-variabel bebas dalam peneli-tian ini adalah kecerdasan intelektual motivasi belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi guru IPS sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 18 kota Malang pada bulan februari sampai bulan april tahun 2012. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII khususnya kelas A B dan C yang berjumlah 126 siswa. Untuk mengetahui total sampel penelitian ini menggunakan rumus solvin sehing-ga diketahui total sampelnya adalah 96 siswa dan untuk teknik pengambilan sam-pelnya menggunakan proportional random sampling. Sedangkan data penelitian dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa dokumentasi sekolah dan closed questioner yang menggunakan skala likert deng-an lima alternatif jawaban. Untuk mengetahui tercapai atau tidaknya tujuan pene-litian ini dilakukan analisis regresi dengan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda dalam penelitian ini di-peroleh nilai R Squre sebesar 0.773 yang berarti 77.3 % variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu dapat dijelaskan oleh tiga variabel bebas yaitu kecerdasan intelektual motivasi belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi guru IPS. Disamping itu juga diperoleh persamaan regresi linear berganda yaitu Y 18 961 0 099 X1 0 550 X2 0 288 X3 yang berarti bahwa jika tidak ada variabel bebas kecerdasan intelektual (X1) motivasi belajar (X2) dan persepsi siswa tentang kompetensi guru IPS (X3) maka prestasi belajar siswa (Y) adalah 18 961. Dari persamaan tersebut juga diketahui bahwa motivasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39066

Actions (login required)

View Item View Item