Afifa, Nurul Hildha (2025) Studi fenomenologi digitalisasi pemasaran dalam pengembangan UMKM kuliner Kota Malang / Nurul Hildha Afifa</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam era digital yang terus berkembang adopsi pemasaran digital menjadi salah satu kunci penting bagi pertumbuhan dan keberlanjutan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) termasuk di sektor kuliner. Kota Malang sebagai salah satu pusat pertumbuhan ekonomi kreatif menunjukkan dinamika yang menarik dalam fenomena ini di mana pelaku UMKM kuliner mulai memanfaatkan berbagai saluran digital seperti media sosial marketplace dan platform pesan-antar makanan untuk memperluas jangkauan pasar dan memperkuat kesadaran merek. Persepsi positif terhadap kemudahan dan kegunaan teknologi sebagaimana dijelaskan dalam technology acceptance model (TAM) turut mendorong tingkat adopsi pemasaran digital di kalangan UMKM. Melalui pendekatan kualitatif fenomenologi penelitian ini berupaya memahami implementasi strategi pemasaran digital mengidentifikasi model digitalisasi yang diterapkan serta menganalisis dampaknya terhadap perkembangan bisnis. Dengan teknik pengumpulan data berupa observasi wawancara dan dokumentasi pada lima UMKM kuliner di kota Malang (Ekmira Cookies toko dimas oleh-oleh khas Malang the onde Klojen keripik Tempe Rohani delany dessert) serta analisis menggunakan metode fenomenologi dan SWOT penelitian ini tidak hanya mengungkap beragam strategi adaptif yang dikembangkan UMKM tetapi juga menyoroti pentingnya literasi digital dan inovasi berkelanjutan untuk memperkuat daya saing di era ekonomi digital. Temuan ini diharapkan dapat memperkaya wacana ilmiah serta memberikan kontribusi praktis bagi pelaku usaha dan pembuat kebijakan dalam mendorong transformasi digital sektor kuliner di Kota Malang. Proposisi dari penelitian adalah UMKM kuliner di kota Malang mampu meningkatkan efektivitias pemasaran dan saya saing usaha melalui pemanfaatan media sosial marketplace dan platform digital lainya secara adaptif dan bertahap maka implementasi strategi digital pemasaran dapat berjalan optimal. Pembangunan brand dan perluasan pasar UMKM kuliner dapat berlangsung lebih efektif melalui penerapan strategi organik dan berbayar promosi visual kolaborasi dengan influencer serta optimalisasi e-commerce maka model digitalisasi dengan pendekatan omni-channel akan terbentuk secara kuat. Peningkatan jangkauan pasar efisiensi biaya promosi penguatan merek serta pembentukan budaya usaha yang reponsif dan inovatif berdampak posistif bagi digitalisasi pemasaran pengembangan UMKM kuliner di kota Malang.UMKM kuliner mampu membangun keunggulan kompetitif yang berkelanjutan melalui penguatan saluran komunikasi digital secara omni-channel peningkatan literasi digital pengembangan konten relevan dan personal serta kolborasi lintas sektor maka rekomendasi strategi digital pemasaran akan semakin efektif diterpakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/390652 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |