Pengaruh product quality dan brand image terhadap purchase decision batik Klampar Pamekasan dengan brand trust sebagai variabel intervening (studi pada konsumen batik Klampar Kabupaten Pamekasan) / Moh. Nurul Hidayat</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh product quality dan brand image terhadap purchase decision batik Klampar Pamekasan dengan brand trust sebagai variabel intervening (studi pada konsumen batik Klampar Kabupaten Pamekasan) / Moh. Nurul Hidayat</p>

Hidayat, Moh. Nurul (2025) Pengaruh product quality dan brand image terhadap purchase decision batik Klampar Pamekasan dengan brand trust sebagai variabel intervening (studi pada konsumen batik Klampar Kabupaten Pamekasan) / Moh. Nurul Hidayat</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Batik menjadi hasil kerajinan dari pelaku ekonomi kreatif yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari kebudayaan indonesia. Dilihat dari semakin berkembangnya UKM pengrajin batik yang ada di daerah-daerah penghasil batik batik mulai menjadi salah satu pilihan fashion masyarakat Indonesia. Mengingat bahwa keputusan pembelian merupakan hasil dari suatu proses di mana faktor-faktor yang berbeda memainkan peran yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Product Quality Dan Brand Image Terhadap Purchase Decision Batik Klampar Pamekasan Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Batik Klampar Kabupaten Pamekasan). Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif yang menggunakan data numerik atau angka-angka dengan tujuan mengetahui hubungan variabel dependen serta independen. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah responden yang pernah membeli batik Klampar Kabupaten Pamekasan. Pengukuran jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Sampel Size Calculator yang diperoleh sebanyak 385 responden. Analisis data menggunakan alat statistic berupa Structural Equation Model (SEM) untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada konsumen Batik Klampar Pamekasan product quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand trust lebih lanjut brand image juga mempengaruhi brand trust secara positif dan signifikan. Tetapi tidak adanya pengaruh positif dan signifikan variabel Product Quality terhadap Purchase Decision pada produk batik Klampar. Sedangkan Brand image pada penelitian berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision batik Klampar. Selain itu brand trust juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision batik Klampar. Untuk pengaruh tidak langsung pada penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan variabel Product Quality terhadap Purchase Decision Melalui Brand Trust. serta adanya pengaruh positif dan signifikan variabel Brand Image terhadap Purchase Decision melalui Brand Trust pada produk Batik Klampar Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya membangun kepercayaan merek secara kompleks dan terintegrasi yang mencakup aspek citra merek dan kualitas produk. Konsumen tidak hanya mencari produk berkualitas atau merek yang menarik tetapi juga merek yang dapat mereka percayai. Batik Klampar perlu mengintegrasikan strategi pembangunan citra merek dan peningkatan kualitas produk dalam upaya membangun kepercayaan merek yang kuat.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jul 2025 04:29
Last Modified: 09 Sep 2025 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/390644

Actions (login required)

View Item View Item