Pelaksanaan supervisi manajerial dalam rangka implementasi manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 1 Kanigoro Blitar / Dhiyana Nur Auliya Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan supervisi manajerial dalam rangka implementasi manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 1 Kanigoro Blitar / Dhiyana Nur Auliya Sari

Sari, Dhiyana Nur Auliya (2018) Pelaksanaan supervisi manajerial dalam rangka implementasi manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 1 Kanigoro Blitar / Dhiyana Nur Auliya Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sari Dhiyana Nur Auliya. 2018. Pelaksanaan Supervisi Manajerial dalam rangka Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Negeri 1 Kanigoro Blitar. Skripsi Program Studi Administrasi Pendidikan Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal M.Pd (II) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd. Kata Kunci supervisi pengawasan manajerial implementasi manajemen berbasis sekolah Sejak tahun 1999 hingga sekarang pemerintah membuat terobosan dengan menerapkan program pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di seluruh sekolah yang diakui menjadi inovasi dibidang implikasi pendidikan dan pada prinisipnya memerlukan kerjasama berbagai pihak secara bertahap dengan prinsip ekuifinalitas desentralisasi pengelolaan mandiri dan inisiatif manusia. Hal inilah yang membuat keputusan dibidang pengelolaan sekolah di buat oleh Kepala Sekolah dengan bantuan dan pengarahan pengawas Dinas Kabupaten/ Kota sebab mutu pendidikan yang maksimal perlu upaya pembaharuan dan memperhatikan semua komponen yang ada di dalamnya. Salah satu keberhasilan pendidikan ditentukan oleh komponen supervisi manajerial yang ada di sebuah sekolah dan dilakukan oleh pengawas. Fokus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) sasaran pelaksanaan supervisi manajerial dalam rangka implementasi MBS di SMPN 1 Kanigoro. (2) fungsi pelaksanaan supervisi manajerial sekolah dalam rangka implementasi MBS di SMPN 1 Kanigoro. (3) prosedur supervisi manajerial dalam rangka implementasi MBS di SMPN 1 Kanigoro. (4) peran pengawas manajerial dalam rangka implementasi MBS di SMPN 1 Kanigoro. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Hal ini dipilih peneliti karena dalam penulisan perlu penjelasan secara fenomenologis tentang pelaksanaan pengawasan manajerial dalam rangka implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di sekolah. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kanigoro Kabupaten Blitar tepatnya di Jalan Kusuma Bangsa No. 43 Kanigoro Blitar Jawa Timur. Lokasi ini berada di daerah strategis pusat pemerintahan Kabupaten Blitar yang menjadi tempat pergeseran pemerintahan. Hasil temuan penelitian ini adalah (1) sasaran supervisi manajerial meliputi dua macam yakni kemampuan manajerial kepala sekolah selaku manager pendidikan dan peningkatan 8 Standar Nasional Pendidikan di sekolah (2) fungsi supervisi manajerial adalah supervisi yang dilaksanakan pengawas Dinas Pendidikan secara rutin serta memiliki fungsi pembinaan yang dipergunakan pengawas untuk melakukan koordinasi dengan kepala sekolah dan guru-guru yang bersangkutan lewat berbagai forum dalam pelaksanaan program kerja sekolah agar pelaksanaan kegiatan berjalan sesuai standar yang ditetapkan (3) prosedur supervisi manajerialnya adalah pengawas membawa instrumen monitoring pengelolaan standar yang ada di sekolah kemudian jika terjadi kendala pengawas memberikan bimbingan tentang permasalahan apa saja yang ada dalam mengelola manajerial sekolah kepada kepala sekolah dan guru untuk melakukan pengelolaan administrasi yang mendukung pembelajaran. (4) peran pengawas dalam implementasi manajemen berbasis sekolah tidak berperan secara langsung akan tetapi berupa memberikan saran dan rekomendasi. Saran penelitian ini ditujukan kepada (1) pengawas SMP Negeri 1 Kanigoro diharapkan dapat memaksimalkan perannya dalam melaksanakan pengawasan manajerial dengan baik terutama dalam fungsi pembinaan pendampingan dan penilaian. (2) kepala SMP Negeri 1 Kanigoro hendaknya mengupayakan perkembangan manajerial sekolah yang mendukung pelaksanaan pembelajaran kerjasama kepada masyarakat sekitar alumni dan pemimpin daerah demi tercapainya tujuan pendidikan. (3) pendidik dan tenaga kependidikan SMP Negeri 1 Kanigoro diharapkan lebih meningkatkan kualitas sumber pembelajaran yang bermutu untuk siswa/siswi di SMP Negeri 1 Kanigoro hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti pendampingan Kurikulum KTSP atau K13 yang diselenggarakan oleh Pengawas Dinas Pendidikan. (4) Bagi jurusan Administrasi Pendidikan diharapkan lebih mengoperasionalkan supervisi manajerial di jurusan administrasi pendidikan serta menambah kajian tentang supervisi manajerial dalam rangka implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). (5) peneliti lain selanjutnya diharapkan dapat menjadi masukan dalam mengkaji lebih lanjut terkait tema ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3906

Actions (login required)

View Item View Item