Sholihah, Hana Wilda (2024) Keefektifan konseling kelompok realita dimensi bernalar kritis untuk mengurangi burnout belajar siswa SMP pasca pandemic / Hana Wilda Sholihah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Burnout belajar yang dialami siswa SMP pasca-pandemi menghambat motivasi dan prestasiakademik siswa. Motivasi yang rendah sangat berpengaruh dalam peningkatan prestasi dan kemauanbelajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas konseling kelompok denganpendekatan realita dimensi bernalar kritis dalam mengurangi burnout belajar siswa SMP. Penelitianini menggunakan desain eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan pendekatankuantitatif. Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas VIII D SMPN 1 Kalitidu yang dibagi menjadi duakelompok eksperimen dan kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Datadikumpulkan menggunakan skala burnout belajar dan dianalisis dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitianmenunjukkan penurunan signifikan pada tingkat burnout belajar siswa setelah intervensi dengannilai Z -2.023 dan signifikansi 0 043 (p lt 0 05). Konseling kelompok dengan pendekatan realitadimensi bernalar kritis efektif mengurangi burnout belajar siswa SMP pasca-pandemi. Penelitian inimembuka peluang pengembangan program konseling serupa di sekolah lain untuk mengatasi burnoutbelajar sehingga dapat memotivasi belajar siswa.Kata kunci Konseling Realita Burnout belajar Pasca Pandemic
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/390441 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |