Putri, Ayu Pradipta Pramana (2012) Pengaruh perhatian orang tua dan status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang / Ayu Pradipta Pramana Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pengaruh perhatian orang tua status sosial ekonomi orang tua dan rasionalitas ekonomi siswa Fenomena-fenomena ekonomi yang ingin diterangkan ialah bagaimana manusia yang mempunyai kehendak bebas mampu dikaitakan oleh hukum-hukum ekonomi atau dengan kata lain disebut rasional.. Fenomena tersebut tentunya masih mengacu pada asumsi dasar yaitu homo economicus yang menekankan bahwa individu selalu digerakkan semata-mata oleh kepentingan pribadi atau motifnya untuk mendapatkan keuntungan. (Zamrozi 1992) mengasumsikan bahwa manusia dalam perilaku ekonomi senantiasa bertindak rasional artinya secara umum senantiasa tindakan manusia telah direncanakan sebelumnya dan dilakukan secara sadar melalui pemikiran yang matang. Dikaitkan dengan upaya pendidikan untuk kepentingan penanaman rasionalitas ekonomi maka pendidikan ekonomi di sekolah seharusnya memberikan kontribusi yang berarti. Mulai dari kurikulum materi pembelajaran hingga kegiatan pembelajaran di sekolah selayaknya diorientasikan untuk menanamkan sikap dan perilaku ekonomi yang bercirikan rasionalitas. Sejalan dengan itu mata pelajaran ekonomi memiliki peran penting dalam membentuk sikap rasional terutama pada pengambilan keputusan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang (1) Apakah ada pengaruh perhatian orang tua terhadap rasionalitas ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 9 Malang (2) Apakah ada pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 9 Malang (3) Apakah ada pengaruh perhatian dan status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 9 Malang Hipotesis yang diuji adalah terdapat pengaruh signifikan perhatian orang tua dan status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 78 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan angket dengan jumlah pertanyaan perhatian orang tua 10 soal status sosial ekonomi orang tua 11 soal dan rasionalitas ekonomi 25 soal. Temuan penelitian menunjukkan bahwa perhatian orang menurut persepsi siswa adalah 1 28 % Tidak Baik 6 24 % Kurang Baik 42 30% Cukup Baik 48 71 Baik dan 1 28 Sangat Baik. Status sosial ekonomi orang tua menurut persepsi siswa 1 28% Tidak Baik 6 24% Kurang Baik 34 62% Cukup Baik 46 14% Baik dan 11 54% Sangat Baik. Sedangkan rasionalitas ekonomi siswa menurut persepsi siswa adalah 2 56% Kurang Baik 39 74% Cukup Baik 47 45% Baik dan 10 25% Sangat Baik. Dari hasil analisis data perhatian orang tua (X1) terhadap Rasionalitas ekonomi Siswa (Y) diperoleh nilai signifikansi 0 001 945 0 05 dan thitung 1.776 ttabel 1.664. Maka dapat diketahui bahwa Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap rasionalitas ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang . Sedangkan hasil analisis data status sosial ekonomi orang tua (X2) terhadap Rasionalitas Ekonomi Siswa (Y) diperoleh nilai signifikansi 0 000 945 0 05 dan thitung 9.548 ttabel 1.664. Maka dapat diketahui bahwa Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap rasionalitas ekonomi siswa kelas SMA Negeri 9 Malang . Berdasarkan keseluruhan analisa yang yang telah dilakukan pada pengaruh perhatian orang tua dan status sosial ekonomi orang tua terhadap rasionalitas ekonomi siswa adalah baik. Bagi Universitas Negeri Malang Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah perbendaharaan kepustakaan Universitas Negeri Malang yang dapat digunakan sebagai bahan kajian bagi pembaca. Bagi Siswa diharapkan siswa dapat lebih rasional lagi dalam setiap melakukan kegiatan ekonomi. Bagi Guru hendaknya guru SMA Negeri 9 Malang utamanya guru mata pelajaran ekonomi selalu memperhatikan perkembangan pendidikan anak didiknya dengan cara tidak membeda-bedakan peserta didik dari tingkat status sosial ekonomi keluarganya akan tetapi lebih memperhatikan perkembangan dan mempertahankan minat belajar peserta didik terutama pada mata pelajaran ekonomi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39042 |
Actions (login required)
View Item |