Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, pergaulan dengan teman sebaya, dan persepsi siswa tentang gaya hiduo (life style) selebritis sebagai trendsetter terhadap perilaku konsumtif siswa SMAN 3 Malang / Ida Farida A. Bernadina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, pergaulan dengan teman sebaya, dan persepsi siswa tentang gaya hiduo (life style) selebritis sebagai trendsetter terhadap perilaku konsumtif siswa SMAN 3 Malang / Ida Farida A. Bernadina

Bernadina, Ida Farida A. (2012) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, pergaulan dengan teman sebaya, dan persepsi siswa tentang gaya hiduo (life style) selebritis sebagai trendsetter terhadap perilaku konsumtif siswa SMAN 3 Malang / Ida Farida A. Bernadina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Status Sosial Ekonomi Orang Tua Pergaulan dengan Teman Sebaya Persepsi Gaya Hidup (Life Style) Selebritis sebagai Trendsetter Perilaku Konsumtif. Remaja sering dijadikan target bagi pemasaran berbagai produk industri karena karakteristik mereka yang labil spesifik dan mudah dipengaruhi sehingga akhirnya mendorong munculnya berbagai gejala dalam perilaku yang tidak wajar. Alasannya karena sedang mengikuti arus mode hanya ingin mencoba produk baru ingin memperoleh pengakuan sosial. Sikap seperti inilah yang kemudian menimbulkan perilaku konsumtif pada remaja. Perilaku konsumtif sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor seperti Status Sosial Ekonomi Orang Tua Pergaulan dengan Teman Sebaya dan Persepsi Siswa tentang Gaya Hidup (Life Style) Selebritis sebagai Trendsetter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif siswa SMAN 3 Malang (2) Pengaruh pergaulan dengan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif siswa SMAN 3 Malang (3) Pengaruh persepsi siswa tentang gaya hidup (life style) selebritis sebagai trendsetter terhadap perilaku konsumtif siswa SMAN 3 Malang (4) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua pergaulan dengan teman sebaya dan persepsi siswa tentang gaya hidup (life style) selebritis sebagai trendsetter terhadap perilaku konsumtif siswa SMAN 3 Malang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X XI dan XII di SMAN 3 Malang yang berjumlah 188 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data dianalisis dengan teknik prosentase korelasi dan regresi dengan bantuan komputer program SPSS 17.0 for Windows. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh positif status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif siswa SMAN 3 Malang. Terdapat juga pengaruh positif pergaulan dengan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif siswa SMAN 3 Malang. Dan terdapat pengaruh persepsi siswa tentang gaya hidup (life style) selebritis sebagai trendsetter terhadap perilaku konsumtif siswa SMAN 3 Malang. Oleh karena itu diharapkan pihak orang tua dan sekolah yang berada di lingkungan keluarga maupun sekolah mampu untuk membimbing siswa dalam pemahaman efisiensi dalam berkonsumsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39041

Actions (login required)

View Item View Item