Peran guru dalam penerapan praktik profil pelajar pancasila di SMP Laboraturium UM / Sofie Firnanda Noval</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran guru dalam penerapan praktik profil pelajar pancasila di SMP Laboraturium UM / Sofie Firnanda Noval</p>

Noval, Sofie Firnanda (2024) Peran guru dalam penerapan praktik profil pelajar pancasila di SMP Laboraturium UM / Sofie Firnanda Noval</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 telah mencanangkan Profil Pelajar Pancasila sebagai bentuk perwujudan pelajar Indonesia yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dalam penerapannya dibutuhkan peran guru yang siap membantu proses pembentukan karakter pada siswa sesuai enam dimensi yang mencakup elemen diantaranya beriman bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia mandiri bernalar kritis berkebhinekaan global bergotong royong serta kreatif. Salah satu sekolah di Malang yang menerapkan praktik profil pelajar Pancasila yakni SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang (UM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam penerapan praktik profil pelajar Pancasila terutama di SMP Laboratorium UM. Adapun jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara observasi dan dokumentasi. Sementara analisis data menggunakan Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam penerapan praktik profil pelajar Pancasila penting sebagai pendidik manager fasilitator hingga supervisor bagi siswa di sekolah. Melalui pembelajaran berbasis proyek guru SMP Laboratorium UM mampu menyediakan ruang belajar untuk mempraktikkan profil pelajar Pancasila. Selain itu terdapat kegiatan ekstrakurilikuler pramuka sehingga apa yang dipelajari dapat diimplementasikan siswa di sekitarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Oct 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/390397

Actions (login required)

View Item View Item