Strategi guru IPS dalam menekan tindakan bullying pada siswa menengah pertama studi kasus di SMPN 1 Pakisaji / Iva Azizatur Rohmah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi guru IPS dalam menekan tindakan bullying pada siswa menengah pertama studi kasus di SMPN 1 Pakisaji / Iva Azizatur Rohmah</p>

Rohmah, Iva Azizatur (2024) Strategi guru IPS dalam menekan tindakan bullying pada siswa menengah pertama studi kasus di SMPN 1 Pakisaji / Iva Azizatur Rohmah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kasus bullying di sekolah saat ini sangat memprihatinkan karena berdampak negatif yang signifikan pada korbannya. Akhir-akhir ini banyak kasus bullying yang terjadi di lingkungan sekolah. Oleh karena itu perlunya penanganan yang serius dalam menekan tindakan bullying. Artikel ini membahas mengenai strategi guru IPS dalam menekan tindakan bullying di sekolah. Kasus bullying yang terjadi menimbulkan berbagai permasalahan di sekolah. Oleh karena itu artikel ini memfokuskan penelitian dengan tujuan 1) menganalisis strategi guru IPS dalam menekan perilaku bullying di SMPN 1 Pakisaji 2) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap strategi yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan banyaknya kasus bullying yang terjadi di sekolah. Mengatasi permasalahan tersebut guru memiliki berbagai strategi dalam menekan tindakan bullying yang terbagi menjadi 3 yaitu 1) rencana pelatihan sikap 2) rencana pemberi semangat dan pengawasan 3) rencana pendampingan. Kemudian respon siswa setelah diberikan stimulus oleh guru pertama yaitu sebagian besar siswa merasakan dampak buruk bullying . Akan tetapi ada siswa yang diindikasikan sebagai pelaku bullying mereka merempehkan dampak dari bullying . Kedua rasa percaya diri siswa dapat meningkat karena pemahman dan dukungan dari guru. Namun siswa introvert cenderung lebih sulit dalam mengkatkan rasa percaya pada dirinya sendiri. Ketiga mereka memberikan respon beragam siswa menunjukkan sikap empati karena mereka memahami bahwa bullying itu buruk. Ada juga yang merasa dengan bullying siswa merasa memiliki perasaan dan merasa superior. Keempat siswa menunjukkan respon dapat mengendalikan emosi dengan menenangkan diri dan menjauh dari hal-hal yang memunculkan emosinya lagi. Maka dari itu dari penelitian ini guru memberikan kontribusi yang signifikan dalam menekan tidakan dan mencegah tindakan bullying di sekolah menciptakan suasana belajar yang lebih aman dan mendukung bagi semua siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/390378

Actions (login required)

View Item View Item