Murdianti, Evin (2012) Penerapan model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan hasil belajar siswa IPS ekonomi kelas VII SMP Negeri 1 Singosari / Evin Murdianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Problem Posing Metode Kooperatif Kemampuan Bertanya Hasil Belajar Pembelajaran yang terjadi di sekolah atau khususnya di kelas masih ada beberapa siswa yang pasif dalam kegiatan pembelajaran salah satunya pasif dalam bertanya. Dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi sebaiknya diarahkan kepadakegiatan-kegiatan yang mendorong siswa belajar aktif baik secara fisik sosial maupun psikis oleh karena itu dalam proses pembelajaran ekonomi hendaknya guru menggunakan metode yang membuatsiswa banyak besikap aktif yaitu dengan Problem Posing. Dimana padapembelajaran ini siswa diharapkan dapat mengajukan soal maupun pertanyaan yang berhubungan dengan materi pembelajaran dan siswa bisa mendapatkan jawaban atau informasi dari guru dan siswa yang lainnya. Dengan demikian banyaknya aktifitas yang dilakukan dapatmenimbulkan antusias siswa dalam belajar sehingga pemahaman tentang ekonomi semakin baik dan hasil belajarnya akan meningkat. Penerapan modelpembelajaran Problem Posing ini akan mempengaruhi cara belajar siswa yangsemula cenderung untuk pasif kearah yang lebih aktif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan kemampuan bertanya (2) Apakah penerapan model pembelajarn Problem Posingdapat meningkatkan hasil belajar siswa (3) Bagaimana respon siswa terhadap model pembelajaran Problem Posing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari 5 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data kemampuan bertanya adalahdengan lembar observasi yang berdasarkan rubrik kriteria penilaian hasil belajar diukur melalui soal test dan untuk mengetahui respon siswa adalah dengan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaranProblem Posing dapat meningkatkankemampuan bertanya dan hasil belajar siswa. Kemampuan bertanya pada siklus I sebesar 68 3% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 77 1%. Hasil belajar rata-rata kognitifpada siklus I sebesar76 72% dan pada siklus II meningkat menjadi 79 82%. Saran yang diberikan kepada guru mata pelajaran ekonomi yaitu disarankan untuk mencoba menerapkan model pembelajaran Problem Posing pada proses pembelajaran karena siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran tersebut. Saran bagi sekolah adalah diharapkan penelitian ini dapat menjadi pertimbangan dalam upaya memperbaiki penerapan strategi pembelajarandan saran bagi peneliti adalah untuk selanjutnya yang hendak menelitipembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing sebaiknya materi yang diajarkan sesuai dan sangat cocok dengan model pembelajaran tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jan 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39033 |
Actions (login required)
View Item |