Efektivitas penerapan model pembelajaran koopeartif konstruktivistik dan pembelajaran kooperatif team assited individualization (TAI) terhadap hasil belajar (Studi eksperimen siswa kelas X di SMA Islam Al-Ma'arif Singosari) / Ardy Oktantyo Putro - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penerapan model pembelajaran koopeartif konstruktivistik dan pembelajaran kooperatif team assited individualization (TAI) terhadap hasil belajar (Studi eksperimen siswa kelas X di SMA Islam Al-Ma'arif Singosari) / Ardy Oktantyo Putro

Putro, Ardy Oktantyo (2011) Efektivitas penerapan model pembelajaran koopeartif konstruktivistik dan pembelajaran kooperatif team assited individualization (TAI) terhadap hasil belajar (Studi eksperimen siswa kelas X di SMA Islam Al-Ma'arif Singosari) / Ardy Oktantyo Putro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelaran kooperatif konstruktivistik pembelaran kooperatif model TAI hasil belajar. Pada pembelajaran ekonomi di SMA Islam Al Maarif Singosari Malang pada umumnya guru masih menggunakan metode konvensional LKS dan masih kurang bervariasi. Prestasi belajar yang diperoleh siswa kelas X secara umum kurang memuaskan sebagian besar nilai siswa yang diperoleh kurang memenuhi standart ketuntasan minimum yang ditetapkan di SMA Islam Al Maarif Singosari Malang yaitu 70. Salah satu strategi belajar mengajar efektif dan efisien adalah melibatkan siswa secara aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Proses belajar mengajar efektif dan efisien dengan melibatkan langsung siswa dapat memotivasi siswa untuk belajar aktif dan kreatif yaitu dengan menggunakan pembelajaran kooperatif konstruktivistik dan pembelajaran kooperatif model TAI (Team Assisted Individualization). Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan Quasi eksperimental atau eksperimental semu. Populasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X di SMA Islam Al Maarif Singosari Malang. Sedangkan sampelnya kelas X-1 sebagai kelas control dan X-4 sebagai kelas eksperimen yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Analisis penelitian yang dipakai adalah uji beda dua rata-rata atau t-test . Meningkatnya hasil belajar siswa dapat diketahui dari ketuntasan belajar dan hasil kemampuan akhir siswa atau post-test pada mata pelajaran ekonomi sesuai dengan tujuan yang ditetapkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif konstruktifistik ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa dibanding dengan menggunakan pembelajaran kooperatif team assisted individualization (TAI) terbukti dengan analisis hasil belajarnya yang dapat dilihat dari ketentuan belajar siswa terdapat perbedaan yang signifikan. Yaitu pada kelas eksperimen terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 25 7% sedangkan pada kelas kontrol terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 23 8%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif konstruktifistik pada mata pelajaaran ekonomi lebih baik dari kelas kontrol yang menggunakan metode kooperatif mode TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMA Islam Al Maarif Singosari Malang. Saran yang diberikan berupa Perlu adanya pengondisian bagi masing-masing tingkat satuan pendidikan dan guru mata pelajaran ekonomi khususnya. Dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model TAI agar dapat mencapai hasil optimal dalam mencapai tujuan pendidikan. Penerapan pembelajaran model TAI hendaknya disesuaikan dengan materi yang diajarkan dan lingkungan belajar siswa serta ketersediaan waktu yang cukup. Hal ini dikarenakan dengan waktu yang optimal pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan akan mendapat hasil pembelajran yang efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Nov 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39030

Actions (login required)

View Item View Item