Zaman, Agus Nuruz (2011) Hubungan keadaan sosial ekonomi orang tua dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi (Studi kasus pada siswa kelas IX SMP Negeri 4 Malang) / Agus Nuruz Zaman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Keadaan sosial ekonomi orang tua lingkungan belajar prestasi belajar Ilmu pengetahuan dan teknologi pada jaman sekarang ini semakin maju oleh karena itu pendidikan di Indonesia harus dituntut lebih maju agar penerus bangsa tidak tertinggal jauh dengan Negara lain. Dalam menghadapi masalah tersebut langkah yang harus dicermati adalah perbaikan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) karena SDM yang berkualitas dan mempunyai ketrampilan sangat dibutuhkan di era globalisasi. Oleh sebab itu pembangunan di Indonesia ini terutama untuk meningkatkan SDM yang bermutu dan berkualitas yang berperan penting adalah pendidikan. Dalam peningkatan kualitas pendidikan juga merujuk pada peningkatan proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat mempersiapkan diri secara matang untuk menghadapi materi pelajaran yang akan disampaikan oleh guru. Selain proses belajar terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar diantaranya adalah keadaan sosial ekonomi orang tua dan lingkungan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran keadaan sosial ekonomi orang tua siswa kelas IX (2) gambaran lingkungan belajar siswa kelas IX (3) Bagaimana gambaran prestasi belajar siswa kelas IX (4) Apakah terdapat hubungan antara keadaan sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas IX (5) Apakah terdapat hubungan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas IX. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Proportional Random Sampling yaitu menentukan sampel secara acak dan dengan jumlah proporsi yang tepat dimana jumlah sampel yang diambil sebanyak 70 orang konsumen dengan menggunakan teori Arikunto yakni mengambil sampel sebanyak 25% dari populasi. Skala yang digunakan. Untuk menguji kelayakan instrumen digunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dokumentasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan SPSS 16.00 Version. Hasil penelitian ini adalah (1) sebanyak 57 responden atau sebesar 81 43% memiliki orang tua dengan keadaan sosial ekonomi pada kategori sedang (2) sebanyak 39 responden atau sebesar 55 71% memiliki lingkungan belajar pada kategori tinggi (3) sebanyak 35 responden atau sebesar 50% memiliki prestasi belajar pada kategori sedang (4) terdapat hubungan antara keadaan sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar (5) terdapat hubungan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar. Berdasarkan hasil chi square dapat diketahui bahwa variabel keadaan sosial ekonomi orang tua (X1) dan variabel lingkungan belajar (X2) memiliki hubungan dengan prestasi belajar. Adanya hubungan tersebut ditunjukkan dengan nilai signifikansi chi square dari dari masing-masing variabel 9 69. Dimana nilai tersebut berturut-turut sebagai berikut untuk Faktor keadaan sosial ekonomi orang tua (X1) mempunyai nilai chi square 2 007 nilai tersebut jika dibandingkan Chi Square tabel hasilnya adalah lebih kecil (2 007
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Nov 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39023 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |