Roslia, Kharisma Eva (2011) Pengaruh faktor eksternal terhadap pengertian dasar ekonomi (economic literacy) siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Malang / Kharisma Eva Roslia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Faktor eksternal pengertian dasar ekonomi (economic literacy) Kemampuan untuk mengerti dan memahami makna serta arti tentang ilmu ekonomi yaitu tentang tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang banyak bervariasi dan berkembang dengbaik masa sekarang maupun masa yang akan datang dan sumber daya yang ada melalui pilihan pilihan kegiatan produksi konsumsi atau distribusi yang diwujudkan dengan efisiensi dalam tindakan berkonsumsi. Economi literacy merupakan tolak ukur seberapa jauh seorang menyadari tentang adanya kekuatan yang berpengaruh terhadap kualitas hidup bermasyarakat. Salah satu cara yang bisa dilakukan seseorang agar mempunyai economic literacy adalah dengan belajar ilmu ekonomi. Dalam belajar ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Diantara faktor tersebut adalah faktor eksternal belajar yaitu faktor yang mempengaruhi belajar yang berasal dari luar diri siswa. Faktor eksternal belajar ada tiga yaitu faktor keluarga faktor sekolah dan faktor masyarakat. Ketiga faktor tersenut saling berhungungan untuk menciptakan kondisi belajar yang baik.Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan pengaruh faktor keluarga terhadap pengertian dasar ekonomi (economic literacy) ekonomi siswa diSMA Negeri 1 Malang. (2) Untuk mendeskripsikan pengaruh faktor sekolah terhadap pengertian dasar ekonomi (economic literacy) siswa diSMA Negeri 1 Malang. (3) Untuk mendeskripsikan pengaruh faktor lingkungan masyarakat terhadap pengertian dasar ekonomi i (economic literacy) siswa di SMA Negeri 1 Malang. (4) Untuk mendeskripsikan lingkungan keluarga sekolah dan masyarakat terhadap pengertian dasar ekonomi i (economic literacy) siswa diSMA Negeri 1 Malang Metode penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Xl IPS SMA Negeri 1 Malang yang berjumlah 93 siswa. Jumlah populasi kurang dari 100 maka penelitian ini termasuk penelitian populasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan uji t untuk mengetahui pengaruh variabel bebas faktor keluarga sekolah dan masyarakat (X1 X2 X3) secara parsial terhadap variabel terikat economic literacy (Y) dan uji f untuk mengetahui secara silmutan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor eksternal yang meliputi faktor lingkungan keluarga di SMA Negeri 1 Malang tergolong tinggi dengan persentase 65 60% faktor lingkungan sekolah diSMA Negeri 1 Malang tergolong tinggi dengan preentase 72 04% dan faktor lingkungan masyarakat di SMA Negeri 1 Malang juga tergolong tinggi dengan persentase 55 91% economic literacy di SMA Negeri 1 Malang juga tergolong tinngi dengan presentase 73 12%. Terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor lingkungan keluarga terhadap pengertian dasar ekonomi (economic literacy). Terdapat pengaruh yang signifikan anatara faktor sekolah terhadap pengertian dasar ekonomi (economic literacy). Terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor lingkungan masyarakat terhadap pengertian dasar ekonomi (economic literacy). Terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor keluarga sekolah dan masyarakat terhadap pengertian dasar ekonomi (economic literacy) diSMA Negeri 1 Malang. Saran yang dapat dikemukakan adalah ada banyak faktor yang mempengaruhi economic literacy. Oleh karena itu untuk penelitian selanjutnya diharapkan lebih menggali dan meneliti faktor - faktor eksternal yang lain demi kesempurnaan skripsi ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38983 |
Actions (login required)
View Item |