Pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap keberhasilan dalam belajar mata pelajaran IPS ekonomi siswa kelas VII reguler di SMPN 2 Malang / Rahajeng Gandyni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap keberhasilan dalam belajar mata pelajaran IPS ekonomi siswa kelas VII reguler di SMPN 2 Malang / Rahajeng Gandyni

Gandyni, Rahajeng (2011) Pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap keberhasilan dalam belajar mata pelajaran IPS ekonomi siswa kelas VII reguler di SMPN 2 Malang / Rahajeng Gandyni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Faktor Internal Faktor Eksternal Hasil Belajar Dalam proses penelitian ini akan dikaji tentang keberhasilan belajar IPS Ekonomi yang didukung oleh dua faktor yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa (internal) yang diukur menggunakan tiga subvariabel yaitu minat motivasi dan kesiapan belajar siswa. Sedangkan faktor yang berasal dari luar diri siswa (eksternal) yang diukur dengan lingkungan keluarga siswa lingkungan sekolah siswa dan lingkungan masyarakat. Faktor internal dan faktor eksternal patut untuk dikaji karena keduanya merupakan faktor penentu keberhasilan siswa dalam bela-jar. Apabila keberhasilan belajar hanya dilihat dari faktor internal saja maka sis-wa tidak melakukan interaksi dengan lingkungannya. Disisi lain pengaruh dari luar diri siswa juga turut andil bagian dari keberhasilan belajar IPS Ekonomi. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh faktor internal terhadap keberhasilan dalam belajar mata pelajaran IPS (ekonomi) pada siswa kelas VII Reguler Di SMP Negeri 2 Malang (2) Bagaima-na pengaruh faktor eksternal terhadap keberhasilan dalam belajar mata pelajaran IPS(ekonomi) pada siswa kelas VII Reguler Di SMP Negeri 2 Malang (3) Bagai-mana pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap Keberhasilan dalam belajar mata pelajaran IPS(ekonomi) pada siswa kelas VII Reguler Di SMP Nege-ri 2 Malang Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah faktor internal dan faktor eksternal sebagai variabel independen dan keberhasilan belajar siswa seba-gai variabel dependen. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII reguler SMP Negeri 2 Malang. Sampel yang diambil sebanyak 77 siswa dengan teknik purposive random sampling yang diperoleh dengan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data adalah melalui angket dan dokumentasi. Adapun alat analisis yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Faktor internal siswa berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa kelas VII Reguler SMP Negeri 2 Malang pada mata pelajaran IPS Ekonomi(14 54%). (2) Faktor eksternal siswa berpengaruh terhadap keberhasilan belajar siswa kelas VII Reguler SMP Negeri 2 Malang pada mata pelajaran IPS Ekonomi (37 46%). (3) Faktor internal dan faktor eksternal berpengaruh terhadap keberhasilan siswa kelas VII Reguler SMP Negeri 2 Malang pada mata pelajaran IPS Ekonomi (52%) sedangkan sisanya 48% ditentu-kan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian di atas yaitu (1) Guru matapelajaran IPS Ekonomi diharapkan membantu siswa agar lebih me-mantau memotivasi siswa dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa dengan cara melakukan pendekatan internal kepada siswa. Diharapkan siswa memiliki minat motivasi dan kesiapan belajar yang lebih agar tercapai keberhasilan belajar (2) Keluarga mempunyai peranan yang penting dalam keberhasilan belajar. Diha-rapkan orang tua dan saudara dapat memberi dukungan atas usaha siswa dalam belajar. Dukungan yang perlu dilakukan adalah memantau perkembangan belajar IPS Ekonomi misalnya dengan menanyakan sampai sejauh mana materi dipahami oleh siswa menciptakan suasana belajar yang kondusif dengan cara tidak gaduh saat siswa belajar (3) Hendaknya antara guru matapelajaran IPS Ekonomi dengan orangtua siswa perlu adanya komunikasi tentang keberhasilan belajar siswa. Apa-bila komunikasi antara guru dengan orang tua siswa terjalin dengan baik maka keduanya dapat memberikan pengawasan bimbingan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38972

Actions (login required)

View Item View Item