Pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus kelas X SMA Negeri 3 Malang) / Bekti Arniati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus kelas X SMA Negeri 3 Malang) / Bekti Arniati

Arniati, Bekti (2011) Pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi (studi kasus kelas X SMA Negeri 3 Malang) / Bekti Arniati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pemanfaatan Media Pembelajaran Hasil Pemanfaatan media Media pembelajaran mempunyai arti penting dalam proses pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran kerumitan bahan yang akan disampaikan dapat disederhanakan dengan bantuan media. Sehingga peserta didik lebih mudah memahami bahan dari pembelajaran. Agar media pembelajaran dapat dimanfaatkan secara maksimal maka para pelaksana pendidikan khususnya guru dituntut untuk memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam memanfaatkan media. Berdasarkan hal tersebut peneliti bermaksud untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Malang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang (1) pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi (2) hasil pemanfaatan media pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa wawancara observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian yaitu guru ekonomi dan siswa kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) dalam pemanfaatan media pembelajaran terdapat beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan media yaitu kesesuaian media yang digunakan dengan materi yang ada waktu yang dibutuhkan dalam membuat mengembangkan maupun mengunakan media pembelajaran yang ada kesesuaian biaya yang dikeluarkan untuk suatu media tertentu dan ketersediaan alat yang ada di sekolah. Media yang dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar yaitu papan tulis media grafis seperti madding media cetak anatara lain kliping buku paket komputer LCD powerpoint. 2) Hasil pemanfaatan media pembelajaran dapat membantu memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran selain itu siswa akan merasa termotivasidalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bahwa perlu adanya upaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan media pembelajaran disarankan juga kepada pihak sekolah sebaiknya memperbaiki media pembelajaran yang tidak bisa dipergunakan dalam proses pembelajaran bahkan dapat menambah media pembelajaran yang diperlukan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Saran bagi peneliti selanjutnya agar dapat meneliti pemanfaatan media pembelajaran dalam lingkup lebih luas dengan menggunakan subjek penelitian lebih dari satu orang guru dan tidak hanya terpaku dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38955

Actions (login required)

View Item View Item