Pengaruh diferensiasi learning dengan strategi probing prompting berbantuan infografis terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA / Sardya Farnanda Natagara</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh diferensiasi learning dengan strategi probing prompting berbantuan infografis terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA / Sardya Farnanda Natagara</p>

Natagara, Sardya Farnanda (2024) Pengaruh diferensiasi learning dengan strategi probing prompting berbantuan infografis terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA / Sardya Farnanda Natagara</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembejaran geografi membetuk siswa untuk mampu dalam berpikir kritis. Berpikir kritis ialah keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa. Nyatanya keterampilan berpikir kritis siswa SMA di Indonesia masih kurang. Riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diferensiasi learning menggunakan strategi probing prompting berbantuan media infografis. Desain riset menggunakan quasi eksperimen dengan desain posttest only control group design. Lokasi riset dilaksanakan di SMAN 9 Malang. Subjek riset ini ialah siswa kelas XI Geografi A sebagai kelompok eksperimen dan XI Geografi B sebagai kelompok kontol. Data keterampilan berpikir kritis siswa diperoleh dari enam soal esai yang dirancang sesuaiindikator berpikir kritis. Teknik analisis data keterampilan berpikir kritis menggunakann uji independent sample t-test membuktikan bahwa diferensiasi learning dengan strategi probing prompting berbantuan media infografis berdampak pada keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Perbandingan dari post-test skor kelompok eksperiman jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kelompok kontrol. Langkah-langkah diferensiasi learning dengan strategi probing prompting dan media infografis selama pembelajaran menjadikan siswa produktif dalam berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Sep 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/389523

Actions (login required)

View Item View Item