Kusumah, Krisnawati Baby (2024) Pengaruh problem based learning didukung simulasi tanggap darurat gempabumi di permukiman terhadap kemampuan berpikir spasial siswa Kelas 11 / Krisnawati Baby Kusumah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan berpikir spasial penting untuk dimiliki setiap orang karena kemampuan ini berkaitan dengan pengetahuan tentang ruang wilayah. Indonesia yang merupakan Negara dengan banyaknya bencana terutama gempabumi menjadi alasan bahwa kemampuan dalam penyelamatan diri dan pendidikan kebencanaan penting untuk dipahami. Model pembelajaran PBL menjadi salah satu model yang dipakai dalam upaya peningkatan kemampuan berpikir spasial. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui adanya pengaruh dan besarnya efektivitas dari model Problem Based Learning yang didukung simulasi tanggap darurat. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui evaluasi akhir. Penentuan kelas dipilih berdasarkan dari nilai sumatif siswa pada materi sebelumnya. Kelas dengan nilai yang tidak jauh berbeda menjadi kelas yang akan diteliti sementara penentuan kelas eksperimen dan kontrol diputuskan melalui undian. Temuan penelitian menunjukkan adanya pengaruh dari penggunaan model PBL berbasis simulasi tanggap darurat terhadap kemampuan berpikir spasial siswa. Nilai signifikansi dari pengaruh tersebut sebesar 0 047. Temuan ini juga menunjukkan bahwa tingkat efektivitas PBL berbasis simulasi sebesar 69% yang artinya memiliki efektivitas sedang. Parameter berpikir spasial yang paling berpengaruh adalah lokasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/389518 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |