Manajemen hubungan sekolah dan masyarakat berbasis Islam (studi kasus di SMK Darussalam Tulungagung) / Depi Indriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen hubungan sekolah dan masyarakat berbasis Islam (studi kasus di SMK Darussalam Tulungagung) / Depi Indriani

Indriani, Depi (2018) Manajemen hubungan sekolah dan masyarakat berbasis Islam (studi kasus di SMK Darussalam Tulungagung) / Depi Indriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Indriani Depi. 2018. Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat Berbasis Islam (Studi Kasus di SMK Darussalam Tulungagung). Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono M.Pd. (II) Dr. H. A. Yusuf Sobri. S.Sos M.Pd. Kata Kunci berbasis islam kerjasama humas dunia usaha dan industri (DU/DI) Pendidikan merupakan usaha mendewasakan dan memandirikan manusia melalui kegiatan belajar dan pembelajaran yang melibatkan siswa dan guru beserta seluruh personil lembaga pendidikan yang didasari oleh pemikiran Al Qur an dan As Sunnah dan penting bagi pendidik untuk memberikan pembelajaran melalui berbagai metode dan model belajar yang disesuaikan dengan usia perkembangan peserta didik. SMK Darussalam merupakan sekolah kejuruan rintisan yayasan Pondok Pesantren Darussalam yang baru dirintis pada tahun 2016 yang masih memiliki dua jurusan yaitu teknik sepeda motor (TSM) dan teknik komputer jaringan (TKJ). Jumlah calon peserta didik yang mendaftar tahun 2016 sebanyak 38 orang dan yang diterima 36 orang sedangkan tahun 2017 calon peserta didik yang mendaftar sebanyak 32 orang dan yang diterima berjumlah 31 orang. SMK Darussalam sama dengan sekolah-sekolah kejuruan pada umumnya yang membedakan sekolah kejuruan tersebut di rintis berbasis agama islam. Sekolah berbasis Agama Islam masih jarang dijumpai di Tulungagung selatan. SMK Darussalam menerapkan sholat dhuha memasukkan beberapa matapelajaran agama seperti pendidikan agama islam membaca Al Qur an Fiqih Ta lim memiliki tenaga kependidikan yang masih muda yang baru lulus sarjana namun kebanyakan merangkap dengan sekolah lain keadaan sekolah masih sederhana dan masih dalam proses pembangunan. Meskipun sekolah tersebut dirintis 3 tahun yang lalu namun sekolah tersebut sudah memiliki peminat dari luar daerah atau luar jawa. Peserta didik di SMK Darussalam perbandingannya 50% peminat dari masyarakat sekitar dan 50% dari luar daerah. Peserta didik yang sekolah di SMK tersebut rata-rata orangtuanya merupakan alumni Pondok Pesantren Darussalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan program hubungan sekolah dan masyarakat di sekolah rintisan berbasis islam mendeskripsikan teknik humas mendeskripsikan kerjasama humas mendeskripsikan tahapan humas mendeskripsikan pola manajemen humas dan mendeskripsikan kendala mengelola humas. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini bermaksud untuk menggali data atau informasi sesuai dengan apa yang dibutuhkan sesuai dengan fokus penelitian. Teknik dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara pengamatan dan dokumentasi. Kemudian dilanjutkan dengan pengecekan keabsahan data yaitu kredibilitas (credibility) keteralihan (transferability) kepastian (confirmability). vi Berdasarkan analisis data didapatkan tujuh temuan yaitu (1) program kerja humas SMK Darussalam Tulungagung yaitu (a) rapat komite sekolah pertemuan sekolah penerimaan peserta didik baru publikasi sekolah pameran pendidikan prakerin dan kegiatan keagamaan dan (b) Perencanaan program jangka pendek atau harian perencanaan program jangka menengah dan perencanaan program jangka panjang (2) teknik humas di SMK Darussalam Tulungagung yaitu teknik rapat pertemuan orangtua pameran pendidikan teknik dokumentasi pencetakan banner kalender brosur keterlibatan peserta didik dengan menggunakan media kalender media sosial brosur banner reklame (3) kerjasama humas SMK Darussalam Tulungagung yaitu komite sekolah DU/DI perkumpulan alumni dan yayasan (4) tahapan program humas yaitu perencanaan (planning) pengorganisasian (organizing) pelaksanaan (actuating) dan evaluasi (evaluation) (5) pola manajemen humas yaitu adanya hubungan edukatif antara pihak sekolah dengan masyarakat memadukan kegiatan yang ada di masyarakat dengan sekolah berpartisipasi pada setiap kegiatan adat istiadat desa setempat hubungan kerjasama yang saling bersinergi antara sekolah dengan industri atau perusahaan memperhatikan opini masyarakat dan mengadakan evaluasi bersama berbagai pihak (6) kendala program humas yaitu minimnya sarpras dan kurangnya komunikasi antara pihak sekolah dan masyarakat sehingga terjadi komunikasi satu arah. Saran ditujukan kepada (1) Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung sebagai masukan untuk pengambilan kebijakan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan (2) Yayasan Darussalam Tulungagung hendaknya yayasan dapat memperluas mitra kerjasama humas seperti bekerjasama dengan pengelola pers televisi radio kelompok-kelompok yayasan lainnya dan organisasi persaudaraan (3) Kepala SMK Darussalam Tulungagung hendaknya dapat memberikan kesempatan pihak industri dalam memperoleh lulusan yang berdedikasi tinggi dan dapat memberikan pengalaman yang lebih luas bagi peserta didik dengan cara memperluas jaringan sekolah di luar wilayah Tulungagung maupun Luar Negeri (4) Waka Humas SMK Darussalam Tulungagung agar lebih memperhatikan prosedur-prosedur dalam pelaksanaan evaluasi humas dan dapat memperluas jaringan kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri (DU/DI) khususnya di luar wilayah Tulungagung (5) orangtua atau masyarakat SMK Darussalam Tulungagung agar dapat meningkatkan partisipasi dalam penyelenggaran program pendidikan secara berkontinu (6) peserta didik SMK Darussalam Tulungagung hendaknya dapat saling bekerjasama dengan cara meningkatkan prestasi siswa baik secara akademik maupun non akademik dan (7) peneliti lain agar dapat menjadi masukkan untuk memperhatikan yang terkait program humas teknik humas kerjasama humas tahapan program humas pola humas dan kendala humas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3895

Actions (login required)

View Item View Item