Arifiyanti, Yunita (2011) Pengaruh fasilitas belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro tahun ajaran 2010/2011 / Yunita Arifiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Fasilitas belajar merupakan salah satu komponen yang tidak dapat dipisahkan dalam kegiatan belajar mengajar. Agar siswa dapat mencapai tujuan secara maksimal maka siswa perlu pengadaan fasilitas belajar yang tersedia di sekolah di rumah dan di masyarakat. Adanya fasilitas belajar akan memunculkan motivasi siswa dalam melakukan aktivitas belajar yang biasa dilakukan oleh siswa atau dalam bahasa sederhana disebut dengan kebiasaan belajar yang pada akhirnya akan menentukan keberhasilan belajar siswa. Kebiasaan ini meliputi kebiasaan belajar di sekolah dan di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui persepsi siswa kelas XII di SMAN 1 Sumberrejo terhadap fasilitas belajar (2) Mengetahui persepsi siswa kelas XII di SMAN 1 Sumberrejo terhadap kebiasaan belajar (3) Mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XII di SMAN 1 Sumberrejo (4) Mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XII di SMAN 1 Sumberrejo (5) Mengetahui pengaruh antara fasilitas belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XII di SMAN 1 Sumberrejo. Berdasarkan hasil analisis deskripstif diketahui bahwa persepsi siswa terhadap fasilitas belajar siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Sumberrejo 70 69% yang tergolong baik 27 59% tergolong sangat baik dan 0 86% tergolong cukup baik dan 0 86% tergolong kurang baik dalam fasilitas belajar baik di sekolah di rumah maupun di masyarakat. Kebiasaan belajar siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Sumberrejo 61 21% yang tergolong baik 1 72% tergolong sangat baik 35 34% tergolong cukup baik dan 1 72% tergolong kurang baik dalam kebiasaan belajar di sekolah maupun di rumah. Hasil belajar siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Sumberrejo 73 28% yang tergolong baik 17 24% tergolong sangat baik dan 9 48% tergolong kurang baik. Berdasarkan hasil uji asumsi klasik data yang diperoleh dari penelitian ini distribusi datanya normal bebas dari multikolinieritas bebas dari heterokedastisitas dan bebas dari autokorelasi. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh bahwa fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XII di SMAN 1 Sumberrejo dan kebiasaan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XII di SMAN 1 Sumberrejo. Secara simultan fasilitas belajar dan kebiasaan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XII di SMAN 1 Sumberrejo. Saran yang diajukan adalah (1) Diharapkan dalam pengadaan fasilitas belajar disekolah hendaknya memperhatikan kelengkapan fasilitas belajar siswa terutama dalam kondisi fasilitas belajar dan memperbaiki fasilitas belajar yang menunjang proses pembelajaran seperti keadaan penataan ruang kelas serta keadaan laboratorium. (2) Diharapkan guru dapat meningkatkan fasilitas belajar yang telah dimiliki serta mengetahui bagaimana menghadapi siswa yang memiliki kebiasaan belajar yang berbeda sehingga guru dapat memberikan motivasi bagi siswa untuk dapat mencapai kesuksesan dalam belajar. (3) Diharapkan siswa mempunyai hasil belajar yang stabil dan tinggi berani membuka diri kepada para guru agar berkomunikasi dalam kegiatan pembelajaran agar menjadi lebih nyaman dan juga siswa menggunakan fasilitas yang sudah tersedia semaksimal mungkin dan mempunyai kebiasaan belajar yang baik agar mencapai hasil belajar yang lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38910 |
Actions (login required)
View Item |