Pembentukan karakter peserta didik pada sekolah berbasis pesantren melalui implementasi kurikulum terpadu (studi kasus di SMP Modern Al-Rifa'ie 2 Gondanglegi Kabupaten Malang) / Liza Ainurrosidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembentukan karakter peserta didik pada sekolah berbasis pesantren melalui implementasi kurikulum terpadu (studi kasus di SMP Modern Al-Rifa'ie 2 Gondanglegi Kabupaten Malang) / Liza Ainurrosidah

Ainurrosidah, Liza (2018) Pembentukan karakter peserta didik pada sekolah berbasis pesantren melalui implementasi kurikulum terpadu (studi kasus di SMP Modern Al-Rifa'ie 2 Gondanglegi Kabupaten Malang) / Liza Ainurrosidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ainurrosidah Liza. 2018. Pembentukan Karakter Peserta Didik pada Sekolah Berbasis Pesantren melalui Implementasi Kurikulum Terpadu (Studi Kasus di SMP Modern Al-Rifa ie 2 Gondanglegi Kabupaten Malang). Skripsi. Program Studi Administrasi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin M.Pd (II) Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono M.Pd. Kata Kunci pembentukan karakter sekolah berbasis pesantren kurikulum terpadu Kurikulum terpadu adalah perpaduan antara kurikulum yang satu dengan kurikulum lainnya yang disatukan hingga kurikulum tersebut menjadi kesatuan yang utuh. SMP Modern Al-Rifa ie 2 Gondanglegi Kabupaten Malang adalah sekolah berbasis pesantren yang mengimplementasikan kurikulm terpadu sebagai upaya pembentukan karakter peserta didik. Kurikulum yang digunakan di SMP Modern Al-Rifa ie 2 Gondanglegi Kabupaten Malang merupakan sistem kurikulum terpadu yaitu perpaduan antara kurikulum yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) kurikulum yang berasal dari Kementerian Agama (Kemenag) dan kurikulum diniyah ciri khas dari Al-Rifa ie itu sendiri. Untuk kurikulum yang berasal dari Diknas sekolah menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 (K-13). Dan untuk kurikulum yang berasal dari Kementerian Agama (Kemenag) sendiri sekolah menggunakan matapelajaran diniyah seperti matapelajaran fiqih akhlak tauhid tarih nahwu sorof dan bahasa arab. Sedangkan untuk kurikulum madrasah diniyah ciri khas dari Al-Rifa ie sendiri sekolah menggunakan muhafadzah. Muhafadzah adalah hafalan ayat-ayat Al-Qur an dan hadist tematis dengan jumlah masing-masing 40 ayat dalam 1 tahun. Berdasarkan konteks penelitian maka fokus penelitian ini adalah (1) karakter yang ingin dibentuk (2) cara memadukan karakter ke dalam kurikulum (3) jenis kurikulum yang dipadukan (4) implementasi pembelajaran dari kurikulum yang telah dipadukan dengan pembentukan karakter dan (5) tantangan dalam memadukan kurikulum di SMP. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Lokasi penelitian di dilaksanakan di SMP Modern Al-Rifa ie 2 Gondanglegi Kabupaten Malang tepatnya di Jalan Raya Ketawang No. 02 Gondanglegi Malang Jawa Timur. Lokasi sangat strategis untuk dijangkau aman dan tepat untuk pengembangan pendidikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dignakan yaitu terdiri dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan kecakupan bahan referensi triangulasi dan pengecekan anggota. Tahap-tahap penelitian meliputi tahap pra lapangan tahap pelaksanaan dan tahap penyusunan laporan. Hasil temuan penelitian menunjukkan (1) karakter yang ingin dibentuk untuk peserta didik yaitu sikap religius jujur disiplin kreatif mandiri cinta tanah air atau nasionalisme bersahabat/komunikatif gemar membaca dan tanggung jawab (2) salah satu cara yang dilakukan untuk memadukan karakter dengan kurikulum yaitu diterapkan dalam salah satu kegiatan rutin sebelum KBM dimulai yaitu baik untuk ii matapelajaran umum maupun untuk matapelajaran diniyah (3) kurikulum terpadu yang digunakan adalah kurikulum dari Diknas yaitu KTSP dan K-13. Sedangkan kurikulum dari Kemenag sekolah menggunakan matapelajaran diniyah seperti fiqih akhlak tauhid tarih nahwu sorof dan bahasa arab (4) implementasi dalam kegiatan pembelajaran kurikulum yang dipadukan dengan pembentukan karakter yaitu sikap religius yang diterapkan pada kegiatan membaca doa bersama sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran (5) tantangan dalam memadukan kurikulum yaitu sekolah harus bisa mengatur alokasi waktu dalam jadwal pembelajaran dan di dalam kegiatan pembelajaran. Saran penelitian ini disampaikan kepada (1) Yayasan Pondok Modern Al-Rifa ie 2 Gondanglegi Kabupaten Malang penerapan sistem kurikulum terpadu harus dipertahankan karena dengan adanya kurikulum terpadu peserta didik/santri akan memperoleh ilmu umum maupun ilmu agama secara sekaligus (2) Kepala SMP Modern Al-Rifa ie 2 Gondanglegi Kabupaten Malang terus memberikan pelatihan kepada guru-guru baik guru yang mengajar matapelajaran umum maupun guru yang mengajar matapelajaran diniyah. Agar guru-guru bisa terus berupaya membentuk karakter peserta didik dengan mencantumkan nilai-nilai karakter ke dalam pembelajaran (3) Waka Kurikulum SMP Modern Al-Rifa ie 2 Gondanglegi Kabupaten Malang seharusnya dalam menyusun jadwal pelajaran dalam 1 hari komposisi antara matapelajaran umum dengan matapelajaran diniyah bisa seimbang agar peserta didik juga memperoleh ilmu umum maupun ilmu agama secara seimbang juga (4) Guru SMP Modern Al-Rifa ie 2 Gondanglegi Kabupaten Malang untuk guru matapelajaran umum maupun guru matapelajaran diniyah dapat melaksanakan pembelajaran dengan alokasi waktu yang terbatas namun tujuan pembelajaran dapat tercapai dan terlaksana sesuai dengan waktu yang telah ditentukan guru matapelajaran umum maupun guru matapelajaran diniyah harus lebih sering melaksanakan pembelajaran dengan mencantumkan atau mengaitkan materi pembelajaran yang berkaitan dengan pembentukan karakter peserta didik serta guru harus terus mengingatkan peserta didik agar para peserta didik memiliki akhlak dan karakter yang semakin baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3891

Actions (login required)

View Item View Item