Penerapan model pembelajaran problem based learning yang dipadukan dengan numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 7 Malang / Vivi Aprilia Safei - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem based learning yang dipadukan dengan numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 7 Malang / Vivi Aprilia Safei

Safei, Vivi Aprilia (2011) Penerapan model pembelajaran problem based learning yang dipadukan dengan numbered heads together untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 7 Malang / Vivi Aprilia Safei. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Problem Based Learning Numbered Heads Together hasil belajar respon belajar Pendidikan merupakan sarana terpenting untuk mewujudkan kemajuan bangsa dan negara. Terkait dengan hal tersebut pendidikan di Indonesia masih memiliki mutu rendah jika dibandingkan dengan negara- negara maju. Permasalahan tersebut semakin diperparah dengan didominasinya proses pembelajaran yang menyatakan bahwa sebuah pengetahuan (knowledge) merupakan perangkat fakta- fakta yang harus dihafal. Metode pembelajaran mayoritas konvensional dengan teacher oriented di dalamnya. Oleh sebab itu dibutuhkan adanya sebuah strategi belajar mengajar baru dengan mengedepankan siswa aktif (student oriented) dan menjadikan pembelajaran menyenangkan untuk mendapatkan hasil yang berkualitas dengan cara pendekatan kontekstual. Salah satunya dengan model pembelajaran Problem Based Learning Yang Dipadukan Dengan Numbered Heads Together. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas karena ada permasalahan yang harus disembuhkan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas.Hal tersebut diperoleh dari data yang diperoleh sebelumnya.Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning Yang Dipadukan Dengan Numbered Heads Together karena disesuaikan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar .Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan dan menganalisis penerapan model pembelajaran Problem Based Learning Yang Dipadukan Dengan Numbered Heads Together (2) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning Yang Dipadukan Dengan Numbered Heads Together (3) untuk mendeskripsikan bagaimana respon siswa pada mata pelajaran ekonomi terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning Yang Dipadukan Dengan Numbered Heads Together Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Malang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara jelas dan nyata tentang peristiwa yang tampak selama proses pembelajaran berlangsung. Peristiwa yang dimaksud adalah proses pelaksanaan langkah pembelajaran yang diterapkan dalam kelas dan hasil belajar serta respon belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning Yang Dipadukan Dengan Numbered Heads Together. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi lembar catatan lapangan angket dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar aspek kognitif siswa pada pre test meningkat sebesar 15 90 % pada siklus I menjadi 32 56 % pada siklus II. Sedangkan post test juga meningkat sebesar 85 71% pada siklus I menjadi 92 69 % pada siklus II. Data hasil belajar aspek afektif siswa juga menunjukkan hasil belajar yang meningkat. Hasil ini didasarkan pada nilai rata- rata sebesar 70 10% pada siklus I menjadi 96 % pada siklus II. Respon belajar siswa juga menjadi meningkat. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning Yang Dipadukan Dengan Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari aspek kognitif dan afektif serta respon siswa dalam mengikuti mata pelajaran ekonomi. Saran dalam penelitian antara lain (1) bagi masing- masing tingkat satuan pendidikan dan guru mata pelajaran ekonomi khususnya dalam mengkondisikan dalam penggunaan model pembelajaran ini (2) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning Yang Dipadukan Dengan Numbered Heads Together hendaknya disesuaikan dengan materi pelajaran (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan adanya pengukuran tentang tujuan pembelajaran untuk mengukur keefektifan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38896

Actions (login required)

View Item View Item