Maretawati, Tania Dwi (2011) Penerapan pembelajaran dengan pendekatan CTL melalui metode tanya jawab teknik talking stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas VIII SMPN 10 Malang / Tania Dwi Maretawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Model Pembelajaran talking stick aktivitas belajar hasil belajar. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran ekonomi di SMP Negeri 10 Malang diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran mata pelajaran ekonomi di kelas masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dalam pembelajaran sehingga menimbulkan aktivitas dan hasil belajar siswa menjadi kurang. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Strategi yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan pendekatan CTL melalui metode tanya jawab teknik talking stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 10 Malang melalui penerapan pembelajaran dengan pendekatan CTL melalui metode tanya jawab teknik talking stick. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Data penelitian aktivitas dan belajar siswa yang diperoleh melalui observasi dan hasil belajar siswa diperoleh melalui post test pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas siswa sebesar 45 16% dengan kategori cukup dan pada siklus II rata-ratanya meningkat menjadi 73 96% dengan kategori baik % pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa pada saat diterapkan pembelajaran dengan pendekatan CTL melalui metode tanya jawab teknik talking stick pada siklus I rata-ratanya 66 67% dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 13 33% dengan rata-rata sebesar 80% dengan kategori 80% dengan kategori sangat baik dan pada hasil belajar juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 76 70% dan pada siklus II menjadi 82 95%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan CTL melalui metode tanya jawab teknik talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII F SMP Negeri 10 Malang. Saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu agar pembelajaran dengan pendekatan CTL melalui metode tanya jawab teknik talking stick dapat dijadikan salah satu alternatif pilihan bagi guru bidang studi ekonomi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa juga diharapkan adanya penelitian lebih lanjut untuk menerapkan pada materi yang lain dan dengan sampel yang lebih luas sehingga hasil penelitian bisa berlaku lebih general.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Mar 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38895 |
Actions (login required)
View Item |