Riyandani, Ririk Andhika (2011) Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan aktivitas kooperatif dan hasil belajar siswa kelas X.1 mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 9 Malang / Ririk Andhika Riyandani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci pembelajaran kooperatif model numbered heads together aktivitas kooperatif dan hasil belajar. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi awal dapat diketahui bahwa saat pelaksanaan pembelajaran ekonomi di kelas berlangsung siswa cenderung kurang memperhatikan guru yang menyampaikan materi siswa berbicara dengan teman sebangkunya siswa kurang dapat bekerjasama dengan teman yang bukan teman akrabny. Selain itu guru cenderung menggunakan teknik ceramah dan pemberian tugas saat pembelajaran. Hal ini tidak sesuai dengan KTSP yang dilaksanakan di sekolah tersebut karena dengan metode guru tersebut kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk aktif selama pelaksanaan pembelajaran. Siswa kelas X.1 SMA 9 Negeri Malang kurang memiliki keterampilan sosial yang dapat dijadikan bekal saat berada dimasyarakat. Hal tersebut mendorong peneliti untuk mengadakan penelitian dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model numbered heads together agar aktivitas kooperatif siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas X.1 SMA Negeri 9 Malang meliputi aspek kognitif dan afektif dapat meningkat. Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together dapat meningkatkan aktivitas kooperatif siswa pada pembelajaran serta hasil belajar ekonomi siswa kelas X.1 SMAN 9 Malang serta bagaimana respon siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together pada mata pelajaran ekonomi kelas X.1 SMAN 9 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Pada setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan awal pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah kelas X.1 semester gasal tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 36 siswa. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif numbered heads together dapat meningkatkan aktivitas kooperatif dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X.1 SMAN 9 Malang. Peningkatan aktivitas kooperatif siswa siklus I ditunjukkan dengan rata-rata aktivitas kooperatif siswa pada siklus I sebesar yaitu dari 53 09% mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan siklus II menjadi 80 98 % yang sudah termasuk dalam kategori tinggi. Begitu juga pada rata-rata hasil belajar siswa ranah kognitif dan afektif. Peningkatan hasil belajar ranah kognitif siklus I ditunjukkan dengan persentase nilai rata-rata pre test 60 86% sedangkan nilai rata-rata post test sebesar 84 44%. Pada siklus II nilai rata-rata pre test dan post test mengalami peningkatan yaitu dari 60 97% menjadi 88 89%. Peningkatan hasil ranah afektif dengan metode observasi mengalami peningkatan yaitu berdasarkan persentase nilai rata-rata aspek afektif siklus I sebesar 77 66% menjadi 87 15% pada siklus II. Dari hasil analisi angket siswa dapat diketahui bahwa siswa kelas X.1 SMAN 9 Malang memberikan respon positif terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together pada mata pelajaran ekonomi. Siswa kelas X.1 SMA Negeri 9 Malang merespon positif terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together. Rata-rata respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif model NHT menyebutkan materi yang dipelajari bermakna dengan siswa yang menjawab sangat setuju sebesar 35 42% setuju sebesar 57 64% kurang setuju sebesar 6 25% dan tidak setuju 0 69%. Siswa aktif dalam pembelajaran dengan siswa yang menjawab selalu aktif sebesar 36 57% sering sebesar 51 62% kadang-kadang sebesar 9 49% dan tidak aktif sebesar 2 31%. Respon siswa terhadap kemampuan guru mengajar menyebutkan bahwa sudah baik dengan siswa yang menjawab sangat setuju sebesar 79 26% setuju 19 72% kurang setuju 3 61% dan tidak setuju 0 2%. Sedangkan situasi pembelajaran mendukung kegiatan pembelajaran dengan siswa yang menjawab sangat setuju sebesar 38 89% setuju sebesar 42 36% kurang setuju 13 19% dan yang tidak setuju sebesar 5 56%. Adapun saran yang dapat diberikan adalah bagi guru mata pelajaran khususnya mata pelajaran ekonomi disarankan untuk mencoba menerapkan metode pembelajaran kooperatif model numbered heads together dikarenakan siswa memberikan respon yang positif terhadap penerapan pembelajaran numbered heads together. Diharapkan bagi guru pada waktu siswa bekerja secara kelompok guru berkeliling ke setiap kelompok untuk memberikan pengarahan dan motivasi pada siswa agar lebih fokus dalam diskusi kelompok dan tidak bergurau sendiri. Dalam menerapkan pembelajaran kooperatif model numbered heads together guru perlu mengatur waktu dan mempersiapkan pembelajaran yang dilakukan akan dilakukan dengan tepat sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat berlangsung secara optimal dan efisien. Bagi peneliti selanjutnya untuk mengatahui jauh tentang penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together dalam pembelajaran ekonomi pada pokok bahasan ekonomi yang lain dan menggunakan bentuk penilaian lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38888 |
Actions (login required)
View Item |