Sari, Luky Pratama (2011) Penerapan metode peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS ekonomi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung / Luky Pratama Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) Pembelajaran Konvensional (ceramah dan tanya jawab) Hasil Belajar Siswa Upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara terus-menerus dilaksanakan. Pada saat ini pemerintah sedang memberlakukan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dalam pembelajaran menurut KTSP guru dituntut untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan bagi siswa dan mampu mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran. Mengacu pada pertanyaan pembelajaran yang menyenangkan dan mengaktifkan siswa maka metode Peta Pikiran (Mind Mapping) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pemecahannya. Peta pikiran dapat mendorong siswa untuk mencapai keberhasilan belajar melalui kegiatan belajar bersama dalam kelompok kelompok kecil. Siswa akan merasa nyaman jika belajar dengan teman sebayanya. Metode peta pikiran juga dapat mengembangkan kemampuan berfikir kreatif siswa karena metode pembelajaran ini memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk berlatih mengemukakan pendapat atau pertanyaan ketika tahap diskusi kelompok maupun diskusi kelas yang sedang berlangsung. Berbagai ide-ide orisinil siswa dapat dituangkan dalam bentuk peta pikiran sebagai hasil nyata dari tindak kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan metode peta pikiran (mind mapping) pada mata pelajaran IPS Ekonomi di SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. (2) Untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode peta pikiran (mind mapping) lebih baik daripada siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS Ekonomi di SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung dari bulan Oktober sampai November 2010 yang menjadi subjek penelitian adalah kelas VIIIG sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIH sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan metode peta pikiran (Mind Mapping) sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah dan tanya jawab). Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik pengumpulan data melalui tes (pre test dan post test). Data dianalisis dalam penelitian ini adalah data hasil belajar. Analisis data hasil belajar dilakukan dengan menggunakan uji normalitas uji homogenitas dan uji-t Setelah kedua kelas diberi perlakuan berbeda maka dilakukan pengujian hipotesis penelitian dengan uji-t terhadap nilai gain value sebagai hasil belajar siswa. Hasilnya menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan metode peta pikiran (Mind Mapping) dan kelas control yang menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah dan tanya jawab) hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0 000 0 05 maka disimpulkan bahwa hasil belajar aspek kognitif pada saat tes kemampuan akhir (post test) yang diajar dengan menggunakan metode peta pikiran (Mind Mapping) lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII di SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Saran yang dapat peneliti sampaikan antara lain (1) Peneliti seharusnya lebih mengefisienkan waktu untuk mengoptimalkan hasil penelitian.(2) Bagi siswa SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung khususnya kelas VIII yang terlibat dalam penelitian ini sebaiknya menggunakan metode peta pikiran (Mind Mapping).(3) Bagi guru mata pelajaran IPS Ekonomi di SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung pada khususnya para guru IPS Ekonomi di sekolah lain pada umumnya disarankan untuk menerapkan pembelajaran dengan menggunakan metode peta pikiran (Mind Mapping) sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran di dalam kelas. (4) Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan peningkatan dan memperbaiki kualitas pembelajaran di sekolah pada mata pelajaran IPS Ekonomi.(5) Penellitian ini mungkin terdapat ketidaksempurnaan oleh karena itu bagi peneliti lain diharapkan lebih menyempurnakan penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38886 |
Actions (login required)
View Item |