Suharso, Yoyok Agung (2011) Pengaruh pemanfaatan media berbasis TIK sebagai sumber belajar ekonomi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Ilmu Sosial SMAN 2 Blitar / Yoyok Agung Suharso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Teknologi Informasi dan Komunikasi Internet e-book dan audio visual Prestasi belajar siswa. Pendidikan merupakan salah satu hal penting yang turut menentukan nasib sebuah bangsa. Dengan kualitas pendidikan yang baik maka akan terbentuk generasi bangsa yang cerdas dan berkompeten di bidangnya. Bidang pendidikan selalu melakukan perbaikan dan pengembangan sarana maupun prasarana sekolah demi terselenggarakannya proses belajar yang nyaman efektif dan efisien. Media berbasisTeknologi informasi dan komunikasi (TIK) berperan sebagai sarana yang dapat dipakai untuk menyampaikan proses pembelajaran. Dalam penelitian ini teknologi menggunakan 3 bentuk yaitu internet e-book dan audio visual. internet adalah salah satu media berbasis teknologi informasi dengan jaringan internasional yang dapat memudahkan siswa dalam belajar dari informasi yang ada di internet khususnya dibidang ekonomi. Sedangkan e-book adalah salah satu bentuk buku berbentuk software yang dalam pengadaannya tidak perlu berbentuk hard copy. Dan audio visual merupakan sarana media berupa video pembelajaran dengan menggunakan bantuan LCD untuk dapat ditampilkan berupa bentuk gambar dan suara. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pemanfaatan media berbasis TIK sebagai sumber belajar pada siswa kelas XI Ilmu Sosial SMAN 2 Blitar khususnya pada mata pelajaran ekonomi. (2) Mengetahui pengaruh pemanfaatan media berbasis TIK sebagai sumber belajar ekonomi siswa kelas XI Ilmu Sosial SMAN 2 Blitar. (3) Mengetahui persepsi tentang pemanfaatan media berbasis TIK sebagai sumber belajar ekonomi siswa kelas XI Ilmu Sosial SMAN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian sampel dari jumlah keseluruhan siswa kelas XI Ilmu Sosial SMAN 2 Blitar. instrumen yang digunakan adalah angket dan prestasi belajar siswa dalam bentuk ulangan harian dan UTS. Data dianalisis dengan teknik prosentase korelasi dan regresi sederhana dengan bantuan software komputer SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh tingkat pemanfaatan media berbasis TIK (internet e-book dan audio visual) terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Ilmu Sosial SMAN 2 Blitar. Dengan koefisien korelasi terdapat hubungan antara pemanfaatan media berbasis TIK (internet e-book dan audio visual) terhadap hasil belajar siswa kelas XI Ilmu Sosial SMAN 2 Blitar sebesar 0 247 atau 24 7%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38881 |
Actions (login required)
View Item |