Dalila, Rose Eva (2011) Penerapan metode pembelajaran numbered heads together (NHT) dan Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan minat belajar dan keterampilan sosial pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 2 Blitar / Rose Eva Dalila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Penerapan NHT STAD Minat belajar Keterampilan Sosial. Banyak sekali penerapan pembelajaran ekonomi yang diterapkan Guru dilingkungan sekolah. Siswa akan mengalami kebosanan bila guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang berfariasi untuk pembelajaran. Bila siswa mengalami kebosanan maka akan menimbulkan kurangnya semangat siswa untuk mempelajari ekonomi sehingga pengaruhnya akan terjadi minat belajar dan keterampilan sosial siswa menjadi berkurang.Melalui pembelajaran NHT diharapkan siswa belajar berdiskusi dengan menggunakan penomoran. Selain itu juga menggunakan strategi pembelajaran yang berupa STAD untuk melatih ketrampilan siswa dalam bersosialisasi di dalam kelompok. Penelitian di SMAN 2 Blitar bertujuan sebagai berikut (1)Untuk mendeskripsikan minat belajar dan keterampilan sosial siswa kelas X SMAN 2 Blitar belajar dengan menggunakan pendekatan metode pembelajaran NHT. (2)Untuk mendeskripsikan minat belajar dan keterampilan sosial siswa kelas X SMAN 2 Blitar belajar dengan menggunakan metode pembelajaran STAD. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Karena dalam penelitian ini ada pemberian perlakuan terhadap kelas kontrol dan kelas eksperimennya. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Claaroom Action Researh). Dengan melihat peningkatan minat belajar dan keterampilan sosial siswa dengan menggunakan metode NHT dan metode STAD. PTK dilakukan proses pengkajian berdaur dari 4 tahap yaitu (1)perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) mengamati atau observasi (4) merefleksi.Analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif. Tetapi nantinya dalam penelitian ini hasil kenaikan motivasi dan hasil belajar pada kedua metode NHT dan STAD kemudian dibandingkan dengan metode eksperimen dengan membandingkan kenaikan minat belajar dan keterampilan sosial belajar siswa pada pembelajaran STAD dan NHT dengan menggunakan Uji Beda Mean(Compare means). Berdasarkan analisis data pada metode NHT angket motivasi belajar siswa adalah 81% dan metode STAD yang dilakukan pada Siklus adalah 70% dengan kriteria Tinggi dari masing-masing kelas. Sedangkan hasil keterampilan sosial pada kelas NHT pada siklus I adalah mengirimkan pesan emosional (3%) mengekspresikan sikap orientasi antar personal (36%) menginterprestasi sikap orang lain (1%) Ekspresi diri secara verbal (9%) kelancaran berbicara (4%) inisiatif memulai pembicaraan (3%) memahami komunikasi verbal orang lain (33%). Sedangkan pada kelas STAD adalah mengirimkan pesan emosional (4%) mengekspresikan sikap orientasi antar personal (41%) menginterprestasi sikap orang lain (8%) Ekspresi diri secara verbal (16%) kelancaran berbicara (12%) memahami komunikasi verbal orang lain (8%). Pada siklus I tidak ada perbedaan dari penerapan NHT dan STAD dalam meningkatkan minat belajar dan keterampilan sosial dengan taraf siginifikasi 0 698. Sedangkan pada siklus II hasil minat belajar pada kelas NHT adalah 100% dan kelas STAD adalah 91% dengan kriteria Sangat Tinggi. Dan hasil keterampilan Sosial pada kelas NHT mengirimkan pesan emosional (9%) mengekspresikan sikap orientasi antar personal (45%) menginterprestasi sikap orang lain (6%) Ekspresi diri secara verbal (9%) kelancaran berbicara (12%) inisiatif memulai pembicaraan (6%) memahami komunikasi verbal orang lain (12%). Pada kelas STAD hasil observasi keterampilan sosial adalah mengirimkan pesan emosional (9%) mengekspresikan sikap orientasi antar personal (45%) menginterprestasi sikap orang lain (12%) Ekspresi diri secara verbal (9%) kelancaran berbicara (9%) memahami komunikasi verbal orang lain (15%). Pada siklus II juga tidak ada perbedaan dari penerapan metode pembelajaran NHT dan STAD dalam meningkatkan minat belajar dan keterampilan sosial dengan taraf signifikasi 0 138 Diharapkan penelitian serupa dimasa yang akan datang menjadi lebih baik. Bertitik tolak dari penelitian ini ada beberapa saran yang diajukan oleh peneliti antara lain (1) bagi guru Ekonomi hendaknya bisa menerapkan metode pembelajaran NHT dan STAD dalam proses pembelajaran karena kedua metode ini mampu meningkatkan minat belajar dan keterampilan sosial. (2) bagi sekolah hendaknya digunakan sebagai bahan masukan untuk meningkatkan proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode NHT dan STAD. (3) bagi peneliti digunakan sebagai peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang pembelajaran NHT dan STAD sebagai wahana untuk praktik pengembangan dan penerapan pengetahuan yang telah diperoleh selama perkuliahan sehingga dapat menjadi calon guru yang profesional sehingga dapat dijadikan referensi untuk digunakan penelitian lebuh lanjut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/38862 |
Actions (login required)
View Item |